Berita


06 Feb 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU/AW 18

Camat Se-Jakarta Utara Gali Karakteristik Kampung Kota Bersama

KOMINFOTIK JU – Program Kampung Kota Bersama mulai digaungkan di Jakarta Utara pada 2019. Program itu pun menjadi pioneer penataan kampung dari enam wilayah DKI Jakarta.

Merespon program tersebut, sejumlah Camat pun berjanji akan memfasilitasi keinginan warga. Termasuk menggali potensi karakteristik demografi yang berada di wilayah tersebut.

Camat Cilincing, Purnomo menerangkan, karakteristik ini tentunya otomatis diterapkan pada tujuh kelurahan yang diusulkan. Sebab program ini muncul dari gerakan dan selera masyarakat setempat.

“Otomatis itu karakteristiknya, karena gerakannya dari masyarakat, selera warga setempat dan terarah,” kata Purnomo, saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (6/2/2019).

Dijelaskannya, semangat penataan kampung sudah ada dalam individu masyarakat. Namun, hal itu tentunya perlu dimotivasi dari berbagai sudut pandang agar menjadi gerakan menyeluruh satu kampung. Menghadirkan lingkungan yang bersih, hijau dan tertata, meskipun tergolong padat penduduk.

“Upaya itu dilakukan secara bertahap di beberapa tempat yang sudah memiliki potensi gerakan untuk diwujudkan secara utuh,” jelasnya.

Camat Kelapa Gading, Manson Sinaga menambahkan, pihaknya akan melakukan penataan pada semua infrasutruktur di lokasi yang telah diusulkan. Penataan itu taman atau penghijauan, saluran air, jalan, dan kebersihan lingkungan.

“Kami mengusulkan RW 02 Kelurahan Pegangsaan Dua, RW 06 Kelurahan Kelapa Gading Timur, dan RW 03 Kelurahan Kelapa Gading Barat,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Pademangan Mumu Mudjtahid menuturkan program sejenis ini sudah dilaksanakannya sejak pertengahan 2018 lalu. Dengan adanya program Kampung Kota Bersama ini, tiga RW dari masing-masing kelurahan yang diusulkan akan melanjutkan sehingga lebih baik kedepannya.

“Prinsipnya untuk Kampung Kota Bersama ini, kami melanjutkan program yang sudah dimulai di wilayah RW sejak pertengahan 2018 agar berkembang lebih baik lagi,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Utara turut menggandeng Institute Transportation and Development Policy (ITDP) dalam menjalankan program Kampung Kota Bersama, yang akan diterapkan pada 31 kelurahan. Program yang dilakukan dengan sejumlah tahapan ini akan diimplementasikan pada April mendatang dan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111