Berita


Bazis Jakut Bedah 31 Rumah Warga Kurang Mampu

KOMINFOTIK JU - Sebanyak 31 rumah warga yang kondisinya tidak layak huni akan direnovasi oleh Bazis Kota Administrasi Jakarta Utara dengan menggunakan dana hasil pengumpulan ZIS sebesar Rp 1,8 Milyar. Tahap pertama, 9 unit sudah dibongkar dan akan segera dilakukan proses pembangunan.

"Tahun ini, ada 31 rumah yang akan diperbaiki atau istilahnya dibedah. Kalau masuk banyak akan banyak lagi yang bisa diperbuat oleh Bazis Jakarta Utara karena ini adalah bentuk pertanggung jawaban," ujar Husein Murad, Walikota Jakarta Utara saat melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya proses pembangunan program bedah rumah di kediaman Muhammad Davi, Jalan Lagoa Kanal, Kelurahan Kebon Bawang, Kecamatan Tanjung Priok, Rabu (28/2).

Ia berharap tahun depan jumlah rumah yang akan dibedah terus bertambah. "Mudah-mudahan bisa 62 rumah tergantung pemasukan dari Bazis jakut yang dihimpun dari semua unsur. Dana ZIS yang disalurkan dari Bazis akan dipertanggung jawabkan karena Bazis itu lembaga yang resmi. Semua yang kita lakukan harus dimaknai sebagai ibadah," jelas Husein.

Sedangkan Kepala Bazis Kota Administrasi Jakarta Utara, Hari Agusti Hiyayat mengatakan, per 31 Desember 2017, dana ZIS yang terkumpul mencapai Rp 18,3 Milyar dari target yang ditentukan sekitar Rp 17,9 Milyar. "Melebihi target yang ditetapkan sebagai motivasi dan dorongn dari semua unsur dan peran serta dari masyarakat yang aktif menyetorkan dana ZIS nya melalui Kantor Bazis Jakut," ungkapnya.

Proses pemilihan rumah yang akan dibedah berdasarkan kriteria tertentu seperti rumah itu harus milik sendiri, tidak sengketa, ada bukti kepemilikan, pemilik rumah aktif di lingkungan masyarakat dan maksimal luas lahannya 30 meter. "Seperti yang terlihat dirumahnya Pak Davi dimana kondisinya sangat tidak layak. Rumah disini masuk dalam laporan piket mingguan tingkat kecamatan agar segera mendapatkan perbaikan dari Bazis Jakut," terang Hari.

Sementara itu, Muhammad Davi (67), salah satu penerima bantuan program bedah rumah Bazis Jakut menuturkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu memperbaiki rumahnya. "Sudah 10 tahun saya tinggal disini. Setiap hari, saya merasa was-was takut ketiban reruntuhan rumah. Bukan cuma saya saja tapi tetangga juga merasa khawatir kalau rumah saya ambruk. Saya tidak menyangka dipilih sebagai salah satu penerima bedah rumah. Terima kasih atas bantuannya," ucapnya.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111