Berita


Atraksi Olahraga Air Meriahkan Festival Danau Sunter

KOMINFOTIK JU – Adu renang antara Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menjadi daya tarik dalam perhelatan akbar Festival Danau Sunter yang diadakan di Kawasan Danau Sunter, Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Minggu (25/2) mulai Pukul 06.00 sampai Pukul 17.00 WIB. Beragam atraksi olahraga air seperti perahu naga, flyboard, jet ski, perahu karet ditampilkan secara langsung untuk menghibur masyarakat Jakarta.

Di hari yang sama, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara juga mengadakan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang berlokasi di sepanjang Jalan Danau Sunter Selatan tepat di depan kawasan Danau Sunter. Kegiatan HBKB yang rutin diselenggarakan setiap bulannya itu diisi dengan berbagai eksibisi olahraga, penampilan kesenian tradisional, bazar produk unggulan UMKM dan sebagainya.

Dua agenda tersebut ditargetkan dapat menarik pengunjung hingga 20 ribu orang. Dalam festival itu, masyarakat bisa ikut renang bersama-sama ataupun mencoba jet ski yang didampingi atlit-atlit nasional. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama penyelenggaraan festival, sekitar 500 petugas gabungan disiagakan.

“Pasti banyak yang datang karena ada event spesial yaitu adu renang bu Susi dengan pak Sandi di Danau Sunter. Masyarakat juga bisa berolahraga sekaligus berwisata di kawasan Danau Sunter yang semakin hari terlihat makin tertata,” jelas Husein Murad, Walikota Jakarta Utara.

Kendati belum keseluruhannya dibenahi namun kawasan Danau Sunter sudah terlihat perubahannya seperti pedestrian yang tampil berwarna, pepohonan yang rindang dilengkapi dengan kursi taman yang bisa digunakan sebagai pelepas lelah pengunjung usai berolahraga ataupun sekedar menikmati suasana Danau Sunter. Kemudian hadirnya tenda-tenda bazar yang menyajikan aneka ragam kuliner makin memanjakan masyarakat yang ingin berwisata di kawasan Danau Sunter.

“Pemerintah telah menyiapkan fasilitas publik yang terbuka untuk semua golongan seperti halnya penataan kawasan Danau Sunter. Secara bertahap, penataan akan terus dilakukan. Berkelanjutan sifatnya, langkah awal ini sebagai kesiapan menjelang Festival Danau Sunter," terang Husein.

Kedepannya, Danau Sunter yang berada di tengah kota Jakarta Utara akan dijadikan kawasan wisata air terpadu yang bisa digunakan sebagai sarana olahraga dan tempat wisata. “Silahkan datang dan nikmati fasilitas yang tersedia. Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan dan keindahan di kawasan Danau Sunter,” tambahnya.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111