• Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok
  • 021-4303111
  • kominfoutara@jakarta.go.id / kominfoutara@gmail.com
Selamat datang di website Resmi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara                                                                                                                              Hotline siaga banjir PKPU di 021-70607578 dan BB 27606F15                                                                                                                              Posko Layanan Penerangan Jalan Umum(PJU) di 021-4308871 dan 0811-123-1502 (SMS/WA)                                                                                                                              

ASEAN
Games 2018
+

Berita


80 Obyek Pajak Target Pemasangan Stiker/Plang Penunggak Pajak

KOMINFOTIK JU – Sebanyak 80 obyek pajak menjadi sasaran pemasangan stiker/papan informasi tunggakan pajak di wilayah Jakarta Utara. Walikota Jakarta Utara, Husein Murad menegaskan, pajak terhutang harus tetap dibayar dan tidak bisa dihapus begitu saja. Hal itu diungkapkannya ketika memimpin apel kegiatan pemasangan stiker/papan informasi tunggakan pajak di Halaman Plaza Barat, Kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (14/11).

Sebelumnya, petugas telah berupaya melakukan tahapan-tahapan penyelesaian tunggakan pajak PBB-P2 hingga batas waktu yang ditentukan. Namun, masih ada 80 wajib pajak (WP) yang merupakan badan usaha dan perorangan yang tidak melaksanakan kewajibannya membayar pajak.

“Mulai dari pendekatan persuasif kepada para WP telah dilakukan tapi masih ada yang menunggak pajak. Oleh karena itulah, petugas melangkah ke tindakan selanjutnya yaitu pemasangan stiker/papan informasi tunggakan pajak ke sejumlah obyek pajak. Tempel stiker dan pasang plang penunggak pajak ditempat yang strategis dan kelihatan didepan publik biar ada rasa jera,” ungkap Husein Murad saat menyerahkan papan informasi tunggakan pajak kepada UPPRD Tanjung Priok dan Koja.

Ia menyatakan, pemasangan stiker/papan informasi tunggakan pajak adalah tindakan awal. "Kita harap dengan pemasangan plang ini para WP jadi cepat sadar sehingga tidak perlu dilakukan upaya-upaya berikutnya. Diharapkan akhir Desember 2017, target penerimaan PBB-P2 di Jakut sebesar Rp. 1,9 Trilyun bisa tercapai karena hingga kini perolehan pajak sudah 91 %," jelasnya.

Sedangkan jumlah tunggakan pajak di wilayah Jakarta Utara mencapai Rp. 73.997.861.873. “Sampai saat ini, 80 WP yang tersebar di 6 kecamatan belum melakukan pembayaran maka kami berkewajiban untuk mengingatkan kembali dan mengambil langkah tegas dengan melakukan pemasangan stiker/papan informasi penunggak pajak di 80 obyek pajak di wilayah Jakarta Utara,” tegas Kepala Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Administrasi Jakarta Utara, Carto.

Secara simbolis, pemasangan stiker/papan informasi tunggakan pajak akan dilakukan di 6 obyek pajak dengan nilai total mencapai Rp 16,7 Milyar. Bahkan Wakil Walikota Jakarta Utara, Junaedi didampingi Asisten Pemerintahan Jakut, Abdul Khalid bersama unit terkait turun langsung menyaksikan proses pemasangan stiker/papan informasi tunggakan pajak atau pemberitahuan utang pajak daerah di PT Ujung Lima (Berdikari) yang tercatat menunggak pajak hingga Rp. 10 Milyar dan Bursa Otomotif Sunter menunggak pajak sekitar Rp. 3,1 Milyar. Puluhan petugas gabungan menyebar ke sejumlah obyek pajak yang menjadi target pemasangan stiker/papan informasi tunggakan pajak di wilayah Jakarta Utara.

"Tahapan demi tahapan telah dilaksanakan mulai dari sosialisasi, dialog, penandatangan kesanggupan membayar pajak, penyerahan surat pemberitahuan pemasangan stiker/plang dan sekarang dilakukan pemasangan stiker/plang. Jika tidak membayar juga maka akan dilakukan tindakan paksa. Sebagian besar yang menunggak pajak adalah badan usaha di wilayah Kecamatan Kelapa Gading, Penjaringan dan Tanjung Priok," terang Carto.

Sosial Media

Facebook twitter youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
      kominfoutara@gmail.com
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111