(62-21) 4303111

News Article

Image

Pemkot Jakut Gelar Audensi Dengan WVI

Kominfotik JU - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melaksanakan audensi dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) di Ruang VIP Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Selasa (6/4). Kegiatan ini untuk mengatasi sampah rumah tangga di Jakarta Utara.

Plt Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara Suroto mengatakan sangat senang WVI mau melibatkan Jakarta Utara dalam program yang sedang dijalankan.
"Program PHINLA adalah mendukung program pemerintah DKI Jakarta dalam hal pengelolaan sampah padat (solid waste management). Kami sangat menyambut baik rencana program PHINLA yang sedang dilaksanakan oleh WVI, karena dukungan program pengelolaan sampah di tingkat masyarakat sangat selaras dengan Strategi dan Program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," katanya.

Suroto menambahkan dengan kerjasama ini diharapkan dapat semakin membangun kesadaran masyarakat untuk melakukan pengurangan sampah dari sumbernya. 
"Membangun kesadaran masyarakat (mindset) untuk memilah dan menerapkan prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle). Kami juga berharap dalam melaksanakan program kerjanya, diharapkan kepada WVI agar selalu berkoordinasi dan membangun kemitraan dengan unsur pemerintah lainnya," tuturnya.

Sementara Ketua WVI Franz Sinaga mengatakan akan menjadikan bank sampah sebagai percontohan 
"Nanti program ini akan meningkatkan bank sampahnya dari sisi prasarana dan sistemnya. Kedepannya kelurahan pun kami akan coba interpresi terkait dengan bagaimana bisa membuat satu sistem monitoring untuk bank sampah - bank sampah ini, bagaimana mereka bisa saling berbagi, kemudian bisa saling mendukung supaya semakin maju," katanya.

Untuk diketahui, ada tujuh Rukun Warga (RW) di Jakarta Utara yang akan mengikuti program PHINLA, yakni RW 09 Kelurahan Cilincing, RW 04 dan RW 06 Kelurahan Semper Barat, RW 01, RW 04 dan RW 05 Kelurahan Marunda dan RW 07 Kelurahan Penjaringan.