(62-21) 4303111

News Article

Image

220 Lansia Dijadwalkan Ikuti Vaksinasi Covid-19 Dinamis di SDN Tugu Utara 01

KOMINFOTIK JU – Sebanyak 220 warga lanjut usia (lansia) dijadwalkan mengikuti pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dinamis di SDN Tugu Selatan 01, Koja, Jakarta Utara. Peserta berasal dari enam kelurahan se-kecamatan Koja.

Kepala Puskesmas Kecamatan Koja dr. Sri Puji Wahyuni mengatakan, penjadwalan peserta vaksinasi Covid-19 dinamis ini merupakan hasil kolaborasi dengan camat dan lurah se-kecamatan Koja. Sebanyak 220 warga lansia telah dijadwalkan dalam pelaksanaan vaksinasi dinamis di SDN Tugu Selatan 01, Senin (1/3).

“Sebelumnya kami berkoordinasi dengan Pak Camat (Ade Himawan) dan lurah untuk menentukan lokasi dan peserta (lansia) yang mau divaksin di sini (SDN Tugu Selatan 01),” kata dr. Sri Puji Wahyuni saat ditemui di SDN Tugu Selatan 01, Koja, Jakarta Utara, Senin (1/3).

Dalam pelaksanaannya, 220 peserta yang hadir dilayani oleh dua tim tenaga kesehatan yang dibantu dengan tim input data, tim observasi pasca vaksinasi, dan satu unit ambulance gawat darurat (AGD). 

Pelaskanaan vaksinasi Covid-19 dinamis ini juga dibagi dalam tiga sesi yakni pada Pukul 08.00-10.00 WIB, Pukul 10.00-12.00 WIB, dan Pukul 13.00-15.00 WIB. 

“Untuk tahapannya sama saja seperti dalam pelaksanaan vaksinasi statis di setiap faskes (fasilitas kesehatan). Calon peserta mendaftarkan diri, lalu data diinput ke dalam sistem, lalu dipanggil menuju meja vaksinasi dan terakhir observasi selama 30 menit,” jelasnya.

Dinilainya vaksinasi Covid-19 dinamis bagi lansia ini efektif dalam mempercepat pencapaian target sasaran. Begitu pun efektif dalam mengurangi kapasitas peserta pada faskes (vakinasi statis) yang telah ditentukan.

“Ada sekitar 36.000 lansia di Kecamatan Koja yang menjadi target sasaran kami. Adanya vaksinasi dinamis ini tentu bisa mempercepat pencapaian target sasaran dan mengurangi kapasitas peserta vaksin di setiap faskes. Vaksinasi dinamis ini lokasinya akan berganti-ganti sesuai dengan karakteristik tempat, fasilitas, dan tingkat kepadatan penduduk,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menunjuk enam lokasi vaksinasi Covid-19 dinamis bagi lansia.

Lokasi tersebut antara lain SDN Tugu Selatan 01, Kelurahan Tugu Selatan, Koja, RPTRA Tipar Asri, Kelurahan Semper Barat, Cilincing, SMPN 270 Jakarta, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, SMAN 41 Jakarta, Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, SMPN 34 Jakarta, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, dan SMKN 56 Jakarta, Kelurahan Pluit, Penjaringan.