(62-21) 4303111

News Article

Image

Warga Kelurahan Koja Rumuskan Puluhan Rencana Pembangunan Tahun 2022, 76 Usulan Diteruskan ke Musrenbang Kecamatan

KOMINFOTIK JU – 87 usulan rencana pembangunan tahun 2022 dirumuskan warga Kelurahan Koja, Koja, Jakarta Utara. Sebanyak 76 diantaranya dinyatakan untuk diteruskan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat kecamatan.

Lurah Koja Frimelda Novitara mengatakan, Musrenbang Kelurahan ini merupakan satu tahapan dari proses Musrenbang tingkat Provinsi DKI Jakarta yang dilaksanakan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap usulan rencana kegiatan pembangunan. Tentunya hasil Musrenbang ini berasal dari usulan forum rembuk RW (Rukun Warga) di Kelurahan Koja yang dilaksanakan sejak awal tahun 2020. 

“Untuk Musrenbang tingkat kelurahan ini kami laksanakan secara daring pada Kamis (5/02) kemarin. Sebelumnya juga telah dilaksanakan pra Musrenbang di 13 RW,” kata Frimelda saat dikonfirmasi, Jumat (5/2).

Dari 87 usulan yang dibahas pada Musrenbang ini, dijelaskannya sebanyak 76 usulan diteruskan ke tingkat kecamatan. Sedangkan 10 usulan lainnya sudah teranggarkan pada rencana pembangunan tahun 2021 dan satu usulan dinyatakan ditolak.

“Satu usulan yang ditolak ini yaitu usulan kegiatan pelatihan kerja kejuruan Bahasa Jepang. Ditolak karena PPKD (Pusat Pelatihan Kerja Daerah) Provinsi DKI Jakarta tidak ada program tersebut,” jelasnya.

Diterangkannya, mayoritas masyarakat mengusulkan pembangunan fisik melalui Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Utara dengan total 49 usulan. Dilanjutkan 14 usulan rencana pembangunan fisik melalui Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Utara dan tujuh usulan rencana pembangunan non fisik melalui Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Kota Administrasi Jakarta Utara.

Selain itu, ada pula dua usulan pembangunan melalui Puskesmas, empat usulan pembangunan melalui PPKD Provinsi DKI Jakarta, enam usulan pembangunan melalui Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara, tiga usulan pembangunan melalui Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Utara, satu usulan melalui Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Kota Administrasi Jakarta Utara, dan satu usulan pembangunan melalui Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara.

“Total rencana anggaran dari 87 usulan pembangunan ini mencapai sekitar Rp 37 Miliar,” tutupnya.