(62-21) 4303111

News Article

Image

Lansia di Jakarta Utara Mulai Divaksin Covid-19

KOMINFOTIK JU - Sejumlah warga lanjut usia (lansia) mulai menjalani vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (20/2). Vaksinasi ini merupakan lanjutan program penanggulangan penyebaran Covid-19 setelah sebelumnya dilakukan pada tenaga kesehatan (nakes). 

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Priok dr. Balqis Rahmah mengatakan, pencanangan vaksinasi bagi lansia ini digelar selama dua hari, pada Sabtu (20/2) dan Minggu (21/2). Setiap harinya, akan ada sebanyak 50 peserta vaksin yang berusia 60 tahun keatas.

"Jadi hari ini kita mulai dengan pencanangan vaksinasi lansia diitas usia 60 tahun. Vaksinasi ini digelar selama dua hari mulai Pukul 08.00-14.00 WIB," kata Balqis saat ditemui di RSUD Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (20/2).

Hingga Pukul 09.30 WIB, disebutkannya sebanyak 10 warga lansia telah terdata pada meja registrasi. Lima lansia diantaranya telah menerima vaksinasi tersebut. 

"Kami juga memberikan alat mandi dan cuci bagi peserta lansia yang telah divaksin. Mereka juga sudah kami sosialisasikan agar tetap mematuhi protokol kesehatan meski telah menerima vaksinasi," jelasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) Jakarta Utara Hj Ratih menerangkan, sosialisasi terus digencarkan agar lebih dari 10 ribu warga lanjut usia di Jakarta Utara mengikuti program vaksinasi Covid-19 ini. 

Ratih berpesan agar warga lansia tidak khawatir terhadap program vaksinasi Covid-19 karena terdapat tahapan skrining kesehatan oleh dokter sebelum menerima vaksin tersebut.

"Sejak kemarin dan sebelumnya kami sudah mulai gencarkan sosialisasi ini melalui pengurus FKLU tingkat kota, kecamatan dan kelurahan. Kader-kader FKLU juga kami perintahkan untuk sosialisasikan program ini berkolaborasi dengan pengurus RT/RW setempat," tutupnya.

Selain di RSUD Tanjung Priok, pencanangan program vaksinasi Covid-19 selama dua hari ini juga digelar di RSUD Tugu Koja. Kedua lokasi ini memiliki masing-masing 50 kuota peserta untuk setiap harinya.