(62-21) 4303111

News Article

Image

Kelurahan Kapuk Muara Siaga Hadapi Air Kiriman Dari Bogor

KOMINFOTIK JU - Derasnya air kiriman dari Bogor yang melintasi Kali Angke mengakibatkan empat RW di wilayah Kelurahan Kapuk Muara tergenang. Lurah Kapuk Muara, Jason Simanjuntak menjelaskan, empat RW yang terdampak diantaranya RW 01, 02, 04 dan 05. 

Kondisi genangan air yang melanda empat RW terlihat mulai surut. Seperti halnya di RW 01 dengan ketinggian genangan air mulai 30-40 cm, RW 02 dan RW 04 kisaran 20-25 cm dan RW 05 sekitar 15 cm. 

"Kalau air kiriman dari Bogor berhenti biasanya genangan air di permukiman warga yang berada di bantaran Kali Angke tersebut akan surut dalam waktu 3-4 jam. Kita harap air laut tidak naik dan debit air normal kembali," ujarnya saat di konfirmasi, Sabtu (20/2). 

Hingga saat ini, tidak ada warga setempat yang mengungsi dan masih bertahan di rumahnya masing-masing. "Perlahan air mulai surut namun kami tetap siaga dan akan menyiapkan tempat pengungsian di tiga lokasi yaitu Kantor Kelurahan Kapuk Muara, lapangan yang ada di kawasan perumahan Long Beach, SDN 01 dan 03 Kapuk Muara," terangnya. 

Untuk mengatasi permasalahan genangan air yang kerap melanda permukiman warga di bantaran Kali Angke dibutuhkan kerjasama dengan semua instansi terkait. "Warga menginginkan adanya perbaikan sheet pile bantaran Kali Angke sepanjang 1,9 Km karena saat ini kondisinya banyak yang berlubang di sejumlah titik. Kemudian perlu dibuat pintu air di lokasi tersebut. Sudah berulang kali diusulkan tapi belum terealisasi dan tahun ini tetap diusulkan kembali," ungkap Jason. 

Selain itu, ia juga mengerahkan anggota PPSU Kelurahan Kapuk Muara untuk membersihan saluran air yang terhalang sampah dan kayu. "Rumah pompa masih terus beroperasi untuk mengalirkan air ke laut. Semoga bisa cepat surut dan warga bisa beraktivitas seperti semula," harap Lurah.