(62-21) 4303111

News Article

Image

Hadapi Musim Penghujan, Satgas SDA Kecamatan Cilincing Kerjakan Berbagai Langkah Antisipasi Banjir 

KOMINFOTIK JU - Menghadapi musim penghujan, Satuan Tugas (Satgas) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir genangan air di sejumlah lokasi yang rawan banjir. Kasatpel SDA Kecamatan Cilincing, Cahyono Budi Setiawan menyatakan, curah hujan dengan intensitas tinggi namun terputus-putus sedang terjadi saat ini sehingga harus cepat diantisipasi. 

"Kami sudah melakukan pemasangan kisdam di RW 010 Sukapura, pembangunan tanggul di sekitar Waduk Belibis, penyurutan kolam retensi RW 03 Sukapura dan pengerukan Kali Gubuk Genteng. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memperlancar aliran air hingga ke muara Kali Cakung Draine," jelasnya saat dikonfirmasi, Senin (8/2). 

Ia menambahkan, termasuk menyiagakan empat unit pompa mobile di RW 06 Kelurahan Rorotan, Sungai Brantas dan Waduk Belibis Kelurahan Semper Barat. Kemudian mengoptimalkan dua unit pompa di Rumah Pompa Bulak Cabe yang satu unitnya memiliki kapasitas sebesar 3.500 liter/detik. 

"Pembangunan dua waduk di wilayah Kecamatan Cilincing yaitu Waduk Belibis dan Rawa Malang masih terus berjalan. Untuk progress pembangunan Waduk Belibis sudah mencapai 60% dan Waduk Rawa Malang 40%. Sementara ini, kita siagakan dua unit pompa mobile dan pembuatan tanggul di Waduk Belibis supaya tampungan air tidak limpas ke permukiman warga," ungkapnya.