(62-21) 4303111

News Article

Image

Antisipasi Musim Penghujan, FKDM Kelurahan Sukapura Siagakan Personil Pantau Genangan

KOMINFOTIK JU - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kelurahan Sukapura menyatakan kesiapannya untuk ikut berperan dalam kesiapsiagaan bencana. Kontribusi yang bisa diberikan saat menghadapi musim penghujan yaitu menginformasikan ketinggian genangan air di sejumlah lokasi, adanya sumbatan sampah yang menghalangi jalannya air dan langkah antisipasi lainnya. 

Kelengkapan informasi seputar genangan air yang terjadi saat intensitas hujan cukup tinggi akan membantu masyarakat dalam mengantisipasi bencana banjir di lingkungannya. Saat hujan turun, kami pantau ketinggian genangan air di lingkungan yang rawan terjadinya banjir seperti di RW 010 Sukapura. Kemudian melaporkan hasil temuan di lapangan yang disertai dengan foto dan video melalui WhatsApp Grup," ujar Ketua FKDM Kelurahan Sukapura, Muhammad Rosid saat dikonfirmasi, Kamis (4/2). 

Sedangkan anggota FKDM Kelurahan Sukapura yang bertugas selama periode 2021-2023 berjumlah 7 orang. "Satu anggota FKDM akan memonitor dua RW karena wilayah Kelurahan Sukapura terdiri dari 12 RW dan 119 RT. Tambahan laporan yang kami berikan diharapkan bisa membantu masyarakat dan unsur terkait biar cepat dilakukan penanganan," terangnya. 

Untuk menghimpun informasi yang akurat, jajaran FKDM Kelurahan Sukapura tetap menjalin sinergi dengan unsur tiga pilar. Selain berperan sebagai pendeteksi dini potensi permasalahan di lingkungan masyarakat. Kini, FKDM semakin mengembangkan perannya untuk terlibat langsung dalam kesiapsiagaan bencana di wilayah. 

"Informasi yang disampaikan harus cepat dan akurat agar permasalahan tidak meluas dan bisa diselesaikan dengan baik. Kami adalah perwakilan warga setempat yang ingin berkontribusi langsung dalam menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk menciptakan kondisi wilayah yang kondusif," pungkas Muhammad Rosid.