(62-21) 4303111

News Article

Image

RW 05 Kelurahan Sunter Agung Terus Siapsiaga Hadapi Penyebaran COVID-19

Kominfotik JU - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 lingkungan Rukun Warga (RW) 05 Kelurahan Sunter Agung terus berupaya memonitor aktivitas masyarakat di masa pandemi. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya kesiapsiagaan RW tangguh dalam pencegahan penyebaran virus Corona.

Ketua RW 05 Kelurahan Sunter Agung Nurus Shobah mengatakan beragam upaya kami lakukan dalam memerangi penyebaran COVID-19.
"Mulai dari pembentukan Satgas COVID-19, sosialisasi bahaya Corona, membuat ruang isolasi dan membentuk ketahanan pangan lingkungan," katanya, Senin (11/1).

Nurus menambahkan untuk pembentukan Satgas COVID-19, pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, TNI dan Polri.
"Tujuannya untuk memonitor aktivitas warga, terutama menjaga tiga pintu masuk utama dari warga luar yang berpotensi mengundang aktivitas kerumunan di lingkungan. Kami terus mensosialisasikan pentingnya menjalankan protokol kesehatan 3M. Baik melalui pembuatan grup whatsapp untuk mempermudah komunikasi antara satgas, pemasangan himbauan melalui spanduk dan penyemprotan disinfektan di lingkungan warga secara berkala," katanya.

Nurus juga menerangkan RW 05 Kelurahan Sunter Agung juga telah mempersiapkan ruangan isolasi mandiri untuk warganya.
"Kami siapkan ruang isolasi mandiri khususnya untuk masyarakat RW 05 di Lantai 3 Masjid Jami At Taqwa. Sebagai bentuk solidaritas, warga juga memastikan ketersediaan pangan lewat lumbung beras yang ditujukan untuk membantu korban pandemi. Lumbung beras ini didapatkan dari donasi sukarela masyarakat," terangnya.

Dengan perannya bersama warga sebagai satgas, Nurus mengatakan menjalaninya sebagai sebuah amanah karena telah diberi kepercayaan oleh masyarakat.
"Selaku satgas, kami terus berupaya mengedukasi masyarakat akan bahaya virus Corona. Bukan untuk kepentingan pribadi semata, tapi demi kepentingan bersama, semoga dalam menjalankan amanah ini dan apa yang kita semua lakukan bersama menjadi amal ibadah," tuturnya.

Sementara Lurah Sunter Agung Danang Wijanarka mengatakan dalam upaya mempersiapkan ketahanan pangan, warga RW 05 juga memanfaatkan lahan di sekitar tempat tinggalnya.
"Ada yang dimanfaatkan untuk menanam hidroponik, tanaman toga, sayur-mayur dan penyediaan dapur umum," ungkapnya.

Danang berharap dengan beragam upaya tersebut lingkungan RW 05 dapat menjadi RW tangguh dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi di masa pandemi ini.
"Semua harus bersiap menghadapi kemungkinan terburuk. Semua harus siapsiaga. Dan harapannya selain segala upaya yang dilakukan menghadapi pandemi, warga RW 05 harus terus menjalankan protokol kesehatan atau jangan pernah lalai dalam melakukan pencegahan penyebaran COVID-19. Dengan lingkungan yang berjarak kurang lebih 500 meter dari RS COVID-19, harusnya menjadi penggugah untuk terus menjaga diri dari paparan virus Corona," tegasnya.

Danang mengatakan jika diukur dengan keberhasilan dalam memerangi pandemi, apa yang dilakukan warga RW 05 Kelurahan Sunter Agung baru setengah jalan.
"Keberhasilan bisa diukur jika pandemi sudah berakhir. Mengupayakan keberhasilan Itu perlu kerjasama yang baik. Tidak hanya pemerintah saja, tapi juga butuh peran aktif masyarakat. Dan upaya yang sudah dilakukan oleh Satgas COVID-19 di RW 05 ini harapannya bisa terus berjalan dengan baik, agar apa yang kita cita-citakan bersama merdeka dari COVID-19 dapat segera terwujud," tuturnya.