(62-21) 4303111

News Article

Image

Program Sedekah Kelurahan RBU Wujudkan Rumah Makan Barokah Hingga Air Minum Gratis di Halte

KOMINFOTIK JU - Kelurahan Rawa Badak Utara (RBU), Koja, Jakarta Utara tengah menjalankan program sedekah. Program ini mewujudkan Rumah Makan Barokah, ambulan jenazah gratis, hingga penyediaan air minum gratis di halte.

Lurah Rawa Badak Utara (RBU) Teguh Subroto mengatakan, program sedekah ini telah berjalan sejak akhir 2020 lalu. Berawal dari inisiatifnya sendiri, program ini merambah pada sedekah warga baik berupa donasi uang, makanan, sedekah minyak jelantah, hingga bank sampah.

"Awalnya inisiatif saya sendiri, tapi lama kelamaan warga terketuk hatinya untuk saling membantu satu sama lain," kata Teguh saat dikonfimasi, Kamis (7/1).

Untuk Rumah Makan Barokah, dijelaskannya tim menyediakan sekitar 60 hingga 70 porsi makanan siap saji dengan menu berbeda setiap Senin, Rabu, dan Jumat. Makan tersebut dapat dinikmati siapa pun tak terkecuali warga yang sedang melintas.

Begitu pun penyediaan air minum gratis terdapat di lima titik halte, yakni Halte Polres Metro Jakarta Utara, Halte PT Berdikari, Halte PT Pelindo, Halte SPBU atau Taman Lansia, dan Halte Taman Plumpang.

"Rumah Makan Barokah ini lokasinya di Rumah Dinas Lurah di depan Kantor Kelurahan Rawa Badak Utara. Siapapun boleh menikmati secara gratis makanan yang kami sajikan," terangnya.

Terkait ambulan jenazah, diterangkannya fasilitas ini dapat dinikmati warga yang membutuhkan. Diharapkan melalui program sedekah ini dapat menambah amal perbuatan donatur dan bermanfaat bagi seluruh warga.

"Program ini tidak memiliki anggaran. Program berjalan melalui donasi dan diolah tim untuk kebutuhan masyarakat," tutupnya.