(62-21) 4303111

News Article

Image

Hadapi Musim Penghujan, Kampung Tangguh Bencana RT 007 RW 04 Tugu Selatan Kuatkan Kolaborasi

KOMINFOTIK JU - Lingkungan RT 007 RW 04 Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja akan berfungsi sebagai Kampung Tangguh Bencana dalam menghadapi musim penghujan. Lurah Tugu Selatan, Sukarmin mengatakan, pemilihan lokasi dikarenakan RT 007 RW 04 termasuk lokasi yang paling parah terdampak banjir khususnya permukiman warga yang bersebelahan langsung dengan Stadion Tugu. 

"Hampir setiap tahun lokasi disana kerap kebanjiran dengan ketinggian air yang bervariasi mulai dari 90 cm - 100 cm. Namun, warganya sangat peduli untuk saling membantu termasuk para kader, pengurus RT/RW dan unsur lainnya," ungkapnya saat dikonfirmasi, Jumat (15/1). 

Pembentukan Kampung Tangguh Bencana di sejumlah lokasi rawan banjir akan memudahkan koordinasi dan kesiapan dari semua unsur untuk melakukan berbagai langkah antisipasi dalam upaya penanggulangan banjir. "Berbagai kesiapan telah dilakukan seperti menyediakan tempat pengungsian, peralatan dapur umum, ban karet dan juga unsur pemuda, pengurus RT/RW yang siap turun tangan dalam proses evakuasi korban banjir," terang Sukarmin. 

Ia menegaskan, semua unsur yang ada di wilayah Kelurahan Tugu Selatan akan semakin menguatkan kolaborasi untuk menghadapi segala kemungkinan apabila bencana banjir itu datang. "Kami juga sudah melakukan berbagai langkah antisipasi banjir seperti kerja bakti massal membersihkan saluran air dari sampah ataupun lumpur biar tidak menghambat laju air saat hujan turun. Kemudian warga bersama pengurus RT/RW berkolaborasi dengan kelurahan, Sudin SDA dan Sudin Bina Marga melakukan kegiatan peninggian Jalan Kali Betik dan Cakung Lama yang berada di wilayah RW 04," tambahnya.