(62-21) 4303111

News Article

Image

Tingkatkan Kualitas Hidup, Warga RW 09 Kelurahan Koja Manfaatkan Program JakWifi

KOMINFOTIK JU - Warga di lingkungan Rukun Warga (RW) 09 Kelurahan Koja memanfaatkan program JakWifi untuk meningkatkan kualitas hidup. 

Tak sekadar digunakan sebagai sarana Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), layanan WiFi gratis yang diinisiasi Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta ini juga dimanfaatkan untuk pemberdayaan lingkungan hingga pengembangan perekonomian masyarakat.

Ditemui di Balai Warga RW 09 Kelurahan Koja, sejumlah pelajar tengah memanfaatkan JakWifi untuk menjalani proses PJJ. Tak luput mengenakan masker dan menjaga jarak, para pelajar ini mengerjakan tugas daring melalui telepon selular milik orang tuanya.

"Terima kasih JakWifi kami bisa PJJ di sini," kata Salsabila (9) saat ditemui di Balai Warga RW 09 Kelurahan Koja, Koja, Jakarta Utara, Jumat (20/11).

Masih di lokasi yang sama, Hartati (43) menerangkan program JakWifi dimanfaatkan juga sebagai sarana edukasi pemberdayaan lingkungan. Bersama warga lainnya, anggota Forum Kewaspadaan Dini (FKDM) Kelurahan Koja ini pun memanfaatkan JakWifi untuk menonton teknik komposter di aplikasi YouTube.

"Kami bersama warga tentunya memanfaatkan layanan JakWifi untuk belajar berbagai macam edukasi pemberdayaan lingkungan. Jadi kami lebih mengenal dan berinovasi ke depannya dalam menata lingkungan kami," jelasnya.

Begitu pun Dea Fitri yang juga memanfaatkan program JakWifi ini untuk menggali kemampuan bisnis. Selagi berusia muda, wanita berusia 17 tahun ini memiliki cita-cita menjadi enterpreneur kuliner.

"Sekarang saya jual kopi seduh. Tapi ke depannya saya bermimpi punya gerai kopi olahan. Belajarnya otodidak memanfaatkan akses internet JakWifi" ungkapnya.

Lurah Koja Frimelda Novarita mengucap syukur atas ketersediaan program JakWifi di lingkungan warganya. Tentunya program ini bermanfaat bagi warga dalam memenuhi kebutuhan penggunaan internet sebagai sarana edukasi.

"Alhamdulillah sekarang warga di sini sudah bisa mengakses internet dari program JakWifi. Tentunya harapan kami semakin banyak lagi titik akses sehingga pelajar dapat memanfaatkannya untuk PJJ, kebutuhan kader menginput data, maupun warga untuk meningkatkan kualitas hidupnya," tutupnya.