(62-21) 4303111

News Article

Image

Pemanfaatan Internet Gratis JakWifi Bagi Warga RW 02 Lagoa

KOMINFOTIK JU - Program internet untuk semua atau JakWifi merambah ke sejumlah permukiman padat pendudut di wilayah Jakarta Utara. Lingkungan RW 02 Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja yang memiliki 16 RT termasuk salah satu target penerima manfaat JakWifi. Ada 8 titik jaringan JakWifi yang sudah terpasang di permukiman RW 02 Lagoa.

"Kebutuhan kuota internet di masa pandemi COVID-19 semakin meningkat karena sebagian besar kegiatan dilaksanakan secara daring. Hadirnya JakWifi di permukiman warga bisa membantu dan meringankan anak didik sekolah untuk meningkatkan pola belajarnya sehingga tidak ketinggalan dengan pelajar lainnya," jelas Lurah Lagoa, Mujakir saat dikonfirmasi, Jumat (20/11).

Untuk memanfaatkan Jakwifi, warga RW 02 Lagoa harus terlebih dahulu memasukan password kemudian bisa mengakses internet gratis yang mendukung berbagai aktivitas masyarakat. "Tadi sudah dicek ke lokasi dan JakWifi di RW 02 Lagoa sudah bisa dimanfaatkan warga dengan baik," ujar Lurah. 

Hal senada juga disampaikan Ketua RW 02 Lagoa, Sultan yang mengungkapkan, sejak dipasang JakWifi, warga langsung memanfaatkannya. Hadirnya, fasilitas publik JakWifi sangat membantu warga RW 02 dalam memenuhi kebutuhan kuota internet di masa pandemi COVID-19.

"Saat ini, segala sesuatunya membutuhkan jaringan internet seperti anak-anak sekolah yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Kemudian juga mendukung aktivitas kader jumantik, dasawisma, pengurus RT/RW dan warga setempat. Biasanya digunakan untuk melaporkan kegiatan kemasyarakatan melalui Zoom Meeting, WhatsApp Group dan aplikasi lainnya," terangnya.

Ia juga mengusulkan agar perangkat JakWifi yang dipasang di tiang Pos RW 02 Lagoa menggunakan bahan yang kuat. "Sekarang perangkatnya masih diikat dengan kawat yang kecil. Saya harap bisa segera diganti dengan pengikat yang lebih kuat. Kalau masalah sinyalnya sudah cukup kencang jadi cepat untuk mengaksesnya," ujar Sultan.