(62-21) 4303111

News Article

Image

Kelurahan Tugu Selatan Buka Empat Bank Sampah Baru

KOMINFOTIK JU - Kepedulian warga Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara terhadap pengurangan sampah dari sumbernya semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya empat bank sampah baru di tiga lingkungan Rukun Warga (RW), Kamis (19/11). 

Lurah Tugu Selatan Sukarmin mengatakan, empat bank sampah baru dibuka pada hari ini, Kamis (19/11). Keempat bank sampah tersebut berada di RT 01 dan 04 RW 02, RT 01 RW 03, serta RT 09 RW 09.

"Hari ini kita buka empat bank sampah di tiga RW di Kelurahan Tugu Selatan," kata Sukarmin saat dikonfirmasi, Kamis (19/11).

Dijelaskannya, pembukaan bank sampah baru ini merupakan bentuk tingginya kepedulian masyarakat terhadap pengurangan sampah dari sumbernya. 

Masyarakat memilah sampah anorganik seperti plastik untuk dijual ke bank sampah kelurahan. Begitupun sampah organik seperti daun kering untuk dijadikan pupuk kompos.

"Kami membuka bank sampah baru karena anggota semakin bertambah. Dengan artian prospek pilah sampah tingkat RT semakin tinggi," jelasnya.

Dengan penambahan bank sampah baru ini, diharapkan tidak lagi terjadi penumpukan sampah khususnya sampah anorganik. Begitupun terhadap warga yang mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil menjual sampah pilah tersebut.

"Manfaat dari bank sampah ini banyak. Selain mengurangi sampah, juga menggerakkan roda perekonomian masyarakat di tengah pandemi seperti saat ini," tutupnya.