(62-21) 4303111

News Article

Image

Terjaring Operasi TibMask Gabungan, Pelanggar Jalani Sidang Tipiring Di Lokasi

Kominfotik JU - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar Operasi Tertib Masker (TibMask) gabungan di Jalan Danau Sunter Selatan, Rabu (16/9). Sebanyak 50 orang yang kedapatan melanggar protokol kesehatan tidak menggunakan masker jalani sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring)

Kepala Satpol PP Jakarta Utara Yusuf Majid mengatakan kegiatan Operasi TibMask yang dilakukan ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkompimko) Jakarta Utara.
"Dari Pemerintah Kota Jakarta Utara hadir Wakil Wali Kota Ali Maulana Hakim, dari Polres Metro Jakarta Utara hadir Kapolres Kombes Pol. Sudjarwoko dan dari Kodim 0502 Jakarta Utara hadir Dandim Kolonel Inf. Roynald Sumedap. Kami juga bekerjasama dengan Sudin Perhubungan Jakarta Utara dan Kejaksaan," katanya.

Dalam Operasi TibMask kali ini, Yusuf Majid menambahkan para pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) langsung diberikan sanksi tegas.
"Ada sebanyak 50 orang yang harus menjalankan persidangan Tipiring karena tidak menggunakan masker. Sebanyak 49 orang di denda Rp 50 ribu dan 1 orang di denda Rp 75 ribu. Selain denda, kami juga memberikan sanksi sosial kepada 10 orang," Terangnya.

Dengan pemberlakuan sanksi denda seperti ini, Yusuf Majid berharap masyarakat Jakarta Utara sadar jika apa yang dilakukan pemerintah tidak lain untuk kebaikan bersama.
"Tujuannya agar mereka tidak mengulangi dan terus membiasakan diri menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan 3M. Mereka harus membiasakan diri untuk menjaga kesehatan yang dimulai dari dirinya sendiri, agar penyebaran COVID-19 tidak terjadi ke keluarganya ataupun lingkungan tempatnya tinggal," tuturnya.

Untuk diketahui, dari 50 orang yang terkena sanksi denda 4 orang membayarkan dengan cara transfer ke Kas Daerah dan 46 orang lainnya melakukan pembayaran tunai atau titip denda yang nantinya juga akan dikirimkan ke Kas Daerah dengan nomor rekening 108.02.61575.6.