(62-21) 4303111

News Article

Image

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jakarta Utara Resmi Operasikan Dua Aplikasi Inovatif

KOMINFOTIK JU – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Administrasi Jakarta Utara resmi operasionalkan dua aplikasi inovatif (Jakarta Utara Sehad dan Pantau Jakarta Utara Sehad) yang diinisiasi Polres Metro Jakarta Utara. 

Serah terima operasional ke dua aplikasi ini dilaksanakan di Ruang Fatahillah, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Jumat (14/8).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan, aplikasi Jakarta Utara Sehad dan Pantau Jakarta Utara Sehad merupakan karya yang diwariskan Kapolres Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto kepada masyarakat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Administrasi Jakarta Utara.

Warisan itu diyakininya sebagai bentuk kolaborasi besar yang patut menjadi torehan sejarah bagi kemajuan bangsa dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Hari ini kami menerima warisan dari Polres Metro Jakarta Utara berupa aplikasi Jakarta Utara Sehad dan Pantau Jakarta Utara Sehad. Ini bukan hanya sekedar legacy (warisan) karya yang diwariskan kepada kami (Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Administrasi Jakarta Utara). Tapi lebih dari itu semua, kami melihat bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19 hadir dan muncul kolaborasi-kolaborasi besar,” kata Sigit saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Jumat (14/8).

Seiring perkembangan zaman, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara ini memastikan fitur ke dua aplikasi ini akan mengalami pengembangan inovatif. Apalagi dalam operasional ke dua aplikasi ini pun turut menerapkan sistem kolaborasi kontinu (berkelanjutan) antar instansi pemerintahan.

“Kami berkeyakinan karya Kapolres Metro Jakarta Utara (Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto) ini memberikan sesuatu yang bisa menjadi bagian dari amal jariah. Ini pahala yang tidak akan berhenti karena kita yakin penggunaan aplikasi ini punya masa pakai yang agak panjang. Karena kita ketahui bersama pandemi Covid-19 masih kita hadapi bersama hingga saat ini,” jelasnya.

Kapolres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto menerangkan, ide awal hingga terciptanya ke dua aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi bersama. Untuk itu, operasional ke dua aplikasi ini pun diserahkan kepada Gugus Tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Administrasi Jakarta Utara agar lebih efektif dalam pengimplementasiannya.

“Kalau itu (kedua aplikasi) operasionalnya di kami (Polres Metro Jakarta Utara) akan kurang efektif atau optimal. Untuk itu kami menyerahkannya kepada Pak Wali Kota (Sigit Wijatmoko) bagaimana aplikasi ini bisa dioperasionalkan oleh Gugus Tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Administrasi Jakarta Utara sehingga mampu menciptakan kampung-kampung di Jakarta Utara yang Merdeka dari Covid-19,” tutupnya.