(62-21) 4303111

News Article

Image

Sudin KPKP Periksa Kesehatan 5.023 Hewan Kurban Di Jakut

Kominfotik JU - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Utara melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di 52 tempat penampungan yang tersebar di enam kecamatan se-Jakarta Utara. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan kurban.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan secara bertahap tim melakukan penyisiran ke 52 lokasi tempat penjualan hewan kurban. 
"Tim kami sudah melakukan pemeriksaan sejak Jumat (10/7). Secara bertahap kami lakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di setiap lokasi," katanya Rabu (29/7).

Ditambahkan Unang, sebanyak 5.023 hewan kurban se-Jakarta Utara sudah melalui proses pemeriksaan kesehatan hewan.
"Hewan yang terdiri dari domba, kambing, kerbau dan sapi itu tersebar di 52 lokasi penampungan di enam kecamatan se-Jakarta Utara yang terdiri dari 315 ekor domba, 2.995 kambing, 16 kerbau dan sapi sebanyak 1.657 ekor," tambahnya.

Dari pemeriksaan tersebut, Unang menerangkan ada sebanyak 59 ekor hewan yang tidak memenuhi persyaratan hewan kurban.
"Terdiri dari lima puluh ekor ditemukan dalam kondisi sakit, satu ekor cacat dan delapan ekor lain belum cukup umur. hewan yang sakit lantaran kondisinya lemas, kurang nafsu makan, lecet, sakit mata dan diare. Dengan kondisi demikian, kami atau Tim Pengawas menyarankan hewan tersebut lebih dulu diobati sebelum dijual. Kalau yang cacat itu informasinya mengalami lumpuh lantaran terinjak-injak sapi lainnya saat perjalanan," terangnya.