(62-21) 4303111

News Article

Image

Puluhan Warga Kelurahan Sunter Agung Manfaatkan Pelayanan Adminduk Mobile RW Zona Merah

KOMINFOTIK JU - Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar pelayanan jemput bola (mobile) di RW 01 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Selasa (30/6). 

Kegiatan ini merupakan perdana dari rangkaian pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) RW zona merah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lima kecamatan di Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara Edward Idris mengatakan, kegiatan perdana pelayanan Adminduk di RW 01 Kelurahan Sunter Agung dimanfaatkan sebanyak 87 warga. 

Puluhan warga itu memanfaatkan pelayanan Adminduk berupa perekaman dan pendistribusian Kartu Tanda Penduduk Elektrik KTP-E permohonan Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, dan permohonan cetak Kartu Keluarga (KK).

"Totalnya mencapai 87 warga yang memanfaatkan pelayanan Adminduk tadi pagi," kata Edward saat dikonfirmasi, Selasa (30/6).

Secara rinci, pelayanan Adminduk berupa perekaman KTP-E dimanfaatkan sebanyak 19 warga, pendistribusian KTP-E sebanyak 47 warga, permohonan KIA mencapai sembilan warga, Akta Kelahiran tujuh warga, dan permohonan cetak KK sebanyak lima warga.

Dipastikannya, pelayanan tersebut telah memenuhi standar protokol kesehatan. Meliputi pengenaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas, penyediaan wastafel dan hand sanitizer, pengaturan jaga jarak fisik hingga pengenaan masker bagi warga yang datang ke pelayanan tersebut.

"Protokol kesehatannya tetap kami laksanakan sesuai prosedur. Begitu pun untuk di lokasi lainnya nanti akan sama seperti ini," tegasnya.

Terpisah, Ketua RW 01 Kelurahan Sunter Agung Aris Munandar merasa bersyukur atas kehadiran pelayanan Adminduk secara jemput bola di masa pandemi Covid-19 seperti ini. 

Akses warga untuk memenuhi kebutuhan Adminduk menjadi lebih dekat dan tidak perlu khawatir tertular virus lantaran kegiatan itu telah memenuhi standar protokol kesehatan.

"Pelayanan seperti ini harus lebih sering lagi dilakukan. Di sini jumlah warganya ada 12 ribu dengan 24 RT. Kalau harus ke kelurahan, apalagi ada pendemo seperti ini kan ngga bisa ramai-ramai ke sana. Kalau ada jemput bola begini jadi lebih dekat. Tinggal datang ke kantor RW saja," tutup Aris.

Diawali di RW 01 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok pada Selasa (30/6), pelayanan serupa dijadwalkan kembali hadir di RW 09 Kelurahan Lagoa pada Kamis (2/7), di RW 11 Kelurahan Penjaringan, Penjaringan pada Selasa (7/7), di RW 06 Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan pada Kamis (9/7), dan di RW 01 Kelurahan Semper Barat, Cilincing pada Selasa (14/7).