(62-21) 4303111

News Article

Image

Enam Kawasan Khusus Pesepeda Jakarta Utara Utamakan Protokol Kesehatan

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara memastikan protokol kesehatan menjadi hal utama pada Kawasan Khusus Pesepeda. 

Selain sebagai langkah pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), hal ini juga sebagai sarana edukasi masyarakat terhadap kebiasaan baru dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan keseharian.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan, Kawasan Khusus Pesepeda di enam lokasi perdana diterapkan pada hari ini, Minggu (28/6). Di enam lokasi itu, protokol kesehatan menjadi hal utama dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

"Saya dan jajaran sejak pagi tadi melakukan pengawasan dan pemantauan Kawasan Khusus Pesepeda di beberapa titik. Dimulai dengan bersepeda dari Kantor Walikota, kawasan Tanjung Priok, dan sekarang di Pademangan," kata Sigit, saat ditemui di Jalan Benyamin Suaeb, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (28/6).

Penerapan protokol yang dimaksud, kawasan ini dipastikannya sudah disediakan wastafel pencuci tangan lengkap dengan sabun dibeberapa titik.

Bahkan, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di enam kawasan khusus ini oleh Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu sebelum dan sesudah berlangsungnya kegiatan.

"Tadi saya juga mengamati kepatuhan masyarakat, meski beraktifitas bersepeda, berjalan dan berlari mereka tetap menggunakan masker sebagai budaya baru di tengah pandemi," jelasnya.

Dia berharap, adanya kawasan ini dapat menjadi gerakan masyarakat untuk aktif berolahraga dalam menjaga imunitas tubuh. Sehingga ke depannya masyarakat dapat terhindar dari beragam penyakit termasuk Covid-19.

"Harapan tentu terjadinya gerakan masyarakat yang aktif dalam menjaga imunitas. Menerapkan PHBS sehingga dapat terhindar dari beragam penyakit termasuk Covid-19," tutupnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan 32 lokasi Kawasan Khusus Pesepeda sebagai sarana olah raga masyarakat.

Untuk di Jakarta Utara, kawasan khusus ini berada di enam lokasi yakni Jalan Benyamin Sueb, Pademangan, Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Pantai Maju Bersama, Penjaringan, Jalan Kelapa Hibrida, Cilincing, Sisi Inspeksi Kali Sunter, Koja dan Jalan Arteri Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.