(62-21) 4303111

News Article

Image

173 Warga Sukapura Ikut Layanan KB Gratis

KOMINFOTIK JU - Sebanyak 173 warga Kelurahan Sukapura memanfaatkan pelayanan KB gratis dalam perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 di Puskesmas Kelurahan Sukapura, Senin (29/6). Kepala Puskesmas Kelurahan Sukapura, drg.Lesti Harni mengungkapkan, jumlah tersebut melebihi target pelayanan yang ditentukan yaitu 83 akseptor KB.

"Alhamdulillah, antusias warga Sukapura untuk mendapatkan layanan KB cenderung meningkat. Walaupun tidak punya BPJS tetap kami layani secara gratis. Hal itu berkat dukungan semua pihak mulai dari Lurah Sukapura, PKK, kader, BPM, dan mitra lainnya yang terus berkolaborasi untuk mensukseskan program KB. Sedangkan jenis kontrasepsi yang diminati adalah pemasangan KB implan," jelasnya.

Walaupun dalam situasi pandemi COVID-19 namun tidak menyurutkan semangat warga Sukapura dalam mendapatkan pelayanan KB yang bertujuan untuk mengatur jarak kelahiran anak. "Protokol kesehatan tetap kami utamakan. Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD), petugas kesehatan akan siaga dan melayani akseptor KB. Begitu juga dengan akseptor atau peserta KB yang harus memakai masker, jaga jarak fisik dan rutin cuci tangan pakai sabun. Semuanya itu dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19," tegas drg.Lesti.

Bahkan jajaran Puskesmas Kelurahan Sukapura bersama akseptor KB dan unsur terkait lainnya mengadakan perayaan Harganas ke-27 secara sederhana. "Tadi kami menyanyikan lagu keluarga cemara kemudian mensosialisasikan gerakan masyarakat sehat dengan makan buah bersama. Di momen kali ini, mari kita kuatkan keluarga dengan cinta dan kasih sayang agar terwujud keluarga yang sejahtera, tangguh dan sehat," pungkasnya.