(62-21) 4303111

News Article

Image

PKK Jakut Gandeng Yayasan Kiddie Planet Terapkan Metode Montessori Di Sekolah PAUD

KOMINFOTIK JU - Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara berkolaborasi dengan Yayasan Kiddie Planet dalam rangka peningkatan mutu guru PAUD di wilayah Jakarta Utara. Kolaborasi ini ditandai dengan proses penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilakukan di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kamis (13/2).

Bentuk kerjasamanya meliputi pemberian pelatihan tentang metode pembelajaran montessori kepada 90 guru PAUD dari 30 BKB PAUD di Kecamatan Kelapa Gading, Tanjung Priok dan Penjaringan. Salah satu prinsip pendidikan montessori adalah kemandirian. Sedangkan metode belajar montessori dibagi menjadi 5 area yaitu kehidupan praktis, sensorial, bahasa, matematika dan budaya.

"Kita tingkatkan kapasitas guru-guru PAUD dengan menerapkan metode montessori. Tujuan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru PAUD menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas dan optimal sesuai dengan kelompok umurnya," ungkap Suni Sigit Wijatmoko, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara didampingi Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Siti Nurlaila.

Puluhan guru PAUD perwakilan dari 3 Kecamatan akan mengikuti 20 sesi pelatihan yang dibimbing langsung oleh pengajar dari Yayasan Kiddie Planet. "Saya harap peserta pelatihan dapat mengikutinya dengan baik dan sesuai ketentuan yang disepakati sehingga bisa mengimplementasikan metode pembelajaran montessori di sekolahnya masing-masing," ujarnya.

Bahkan Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengapresiasi jalinan kolaborasi antara Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara dengan Yayasan Kiddie Planet dalam memajukan dunia pendidikan. "Ini adalah sebuah momentum yang sangat strategis untuk mengembangkan kualitas PAUD di Jakarta Utara. Ikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, kalau gurunya tangguh maka akan menghasilkan anak didik yang hebat, luar biasa dan mempunyai karakter yang membanggakan," tuturnya didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kiddie Planet, Rachmat Lesmono Sidharta mengaku bangga bisa mendapatkan kesempatan yang baik untuk berpartisipasi mengembangkan metode pembelajaran montessori di sejumlah sekolah PAUD Jakarta Utara. "Kami tersentuh untuk bisa membantu mengembangkan mutu pendidikan di Indonesia. Melalui pendidikan karakter dapat membuahkan insan menyeluruh yang memiliki jati diri manusia yang arif dan bijaksana. Pembelajaran itu tidak hanya selesai saat sekolah tapi menyiapkan anak tersebut sampai sepanjang hidup," terangnya.