(62-21) 4303111

News Article

Image

Seribu Karung Pasir Disiagakan Antisipasi Rob di Penjaringan

KOMINFOTIK JU - Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara menyiagakan seribu karung berisi pasir. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi menaiknya permukaan air laut atau rob yang melanda sejumlah titik pesisir Utara Jakarta.

Camat Penjaringan Muhammad Andri mengatakan, seribu karung pasir disiagakan di kantor kecamatan. Sebagian karung pasir sudah digunakan untuk menambal celah tanggul kali agar air tak meluap ke pemukiman warga.

"Karung pasir sudah kita siagakan untuk. Kemaren juga sudah kita pakai buat menambal celah tanggul kali," kata Andri, saat dikonfirmasi, Rabu (8/1).

Dijelaskannya, terdapat tiga titik pesisir yang rentan terhadap rob, yakni kawasan Muara Baru, Muara Angke, dan Kamal Muara. Dipastikan ketiga titik ini juga sudah disiagakan pompa air guna mempercepat pembuangan air rob.

"Pompa air pemerintah dan milik masyarakat totalnya ada 34 titik," jelasnya.

Untuk posko kesigapan bencana, dipastikannya lima kelurahan yang ada telah menyiagakan lengkap dengan petugas gabungan. Termasuk dengan posko tambahan di setiap titik rawan rob.

"Total 350 petugas disiagakan selama 24 jam secara bergantian. Posko ada di kelurahan dan titik-titik rawan rob," tutupnya.