(62-21) 4303111

News Article

Image

Pemkot Jakut Gencar Sosialisasikan Pentingnya IVA Test

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara makin gencar melakukan upaya pencegahan penyakit kanker leher rahim atau serviks yang rentan menyerang kaum perempuan. Deteksi dini melalui Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test termasuk salah satu bentuk layanan kesehatan untuk mencegah kanker serviks.

"Kanker itu tumbuh akibat perubahan pola hidup ditengah kehidupan masyarakat yang tantangannya jauh lebih banyak sehingga memerlukan usaha yang maksimal untuk menjaga kesehatan masing-masing individu," jelas Sigit Wijatmoko, Wali Kota Jakarta Utara saat melakukan sosialisasi IVA Test di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Family, Pluit Mas, Kecamatan Penjaringan, Minggu (12/1).

Ia menyatakan, metode deteksi dini melalui IVA Test tergolong sederhana namun cepat diketahui hasilnya. "Kegiatan IVA Test itu sangat penting karena ibu-ibu bisa mengetahui langsung hasilnya. Dengan harapan, bisa terhindar dari bahaya penyakit kanker serviks yang bisa berakibat pada kematian," ungkapnya didampingi Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Suni Sigit Wijatmoko, Kasudin Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati, Kasudin PPAPP, Joko Santoso, Camat Penjaringan, M.Andri dan jajaran lainnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Wali Kota juga memberikan piagam penghargaan kepada Direktur RSIA Family, dr.Siti Mulyana yang sudah berpartisipasi dalam memberikan layanan IVA Test. Kemudian dilakukan penandatanganan kerjasama antara RSIA Family dengan Puskesmas Kecamatan Penjaringan dan Camat Penjaringan.

Bahkan kader emak-emak cantik peduli cancer (Macica) dan duta pasangan usia subur peduli IVA Test (Puspita) Kecamatan Penjaringan terlihat bersemangat mengkampanyekan pentingnya melakukan IVA Test bagi kaum perempuan. Alhasil, seratus orang termotivasi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan IVA Test secara gratis di RSIA Family.

"Kita bersama-sama melakukan pencegahan untuk menurunkan angka kematian akibat kanker serviks. Upaya pencegahannya dengan 3 cara yaitu kenali bahayanya, hindari faktor resikonya dan deteksi dini dengan IVA Test. Segera manfaatkan layanan kesehatan IVA Test agar terhindar dari bahaya penyakit kanker serviks," himbau Suni Sigit Wijatmoko, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara.

Selain mensosialisasikan IVA Test di RSIA Family, ia juga ikut serta dalam pemeriksaan IVA. "Tadi sudah diperiksa IVA dan alhamdulillah hasilnya bagus. Pemeriksaannya sederhana tapi cepat diketahui hasilnya. Jangan pernah ragu dan takut untuk mengecek secara rutin kesehatan organ intim karena itu penting sekali," ujarnya.