(62-21) 4303111

News Article

Image

Minimalisir Dampak Genangan, Warga Koja Turun Tangan Bersihkan Kali Cakung Lama

KOMINFOTIK JU - Warga Kecamatan Koja, Jakarta Utara berkolaborasi dengan petugas gabungan berbondong-bondong melakukan kerja bakti membersihkan Kali Cakung Lama, RW 04 Kelurahan Tugu Selatan. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian warga terhadap wilayah sekaligus meminimalisir dampak genangan.

Sekretaris Kota Jakarta Utara Desi Putra mengatakan, kerja bakti akbar ini dilaksanakan dalam rangka empati terhadap genangan yang terjadi beberapa hari lalu. Mewujudkan kepedulian bersama dengan gotong royong di lokasi genangan.

"Saat ini genangan sudah banyak yang surut dan saatnya kita ikut bersama-sama melaksanakan pembersihan sebagai wujud kebersamaan dengan gotong royong. Jadi walaupun kita tidak terkena genangan tapi kita bisa merasakan bahwa kebersamaan itu hadir di Jakarta," kata Desi Putra, saat ditemui di RW 04 Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu(5/1).

Dijelaskannya, kerja bakti ini juga mampu meminimalisir terjadinya genangan jika curah hujan deras kembali terjadi. Serta mencegah terjangkitnya masyarakat terhadap berbagai wabah penyakit pasca terjadinya genangan.

"Alhamdulillah tadi juga kita bersama-sama membersihkan saluran air yang tersumbat sampah. Artinya kerja bakti ini juga sebagai evaluasi kita ke depan untuk perbaikan wilayah ke depannya," jelasnya.

Di lokasi serupa, Anggota Komisi D Bidang Pembangunan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Neneng Hasanah sangat mengapresiasi kolaborasi kerja bakti ini. Disarankannya kegiatan serupa lebih sering dilaksanakan minimal dua bulan sekali.

"Saya selaku anggota DPRD sangat mengapresiasi kolaborasi kerja bakti ini. Sinergit ini harus lebih ditingkatkan kembali. Bukan hari ini saja, tapi terus dilaksanakan secara berkelanjutan," ungkapnya.

Warga RW 04 Kelurahan Tugu Selatan Pepen Kusnadi (34) mengaku sangat berterimakasih atas kepedulian warga terhadap dampak genangan yang terjadi beberapa hari lalu. 

Diharapkannya kerja bakti akbar ini mampu meminimalisir terjadinya genangan kembali serta mencegah wabah penyakit dampak genangan.

"Kamis selaku warga sangat berterimakasih atas bantuan warga dan petugas yang ikut membersihkan wilayah ini. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi genangan sehingga aktivitas warga tidak terganggu," tutupnya.