(62-21) 4303111

News Article

Image

Hadapi Rob, Sekda DKI Pastikan Pompa Air dan Posko Kesiapsiagaan Bencana Berjalan

KOMINFOTIK JU - Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah memastikan pompa air dan Posko Kesiapsiagaan Bencana berjalan normal. Kepastian ini sebagai langkah dalam menghadapi kenaikan maksimum muka air laut atau rob di pesisir Utara Jakarta.

"Tadi kita tinjau bertolak dari Dermaga Marina Ancol gelombang laut lumayan tinggi. Artinya muka air laut tinggi," kata Saefullah, saat ditemui di Kawasan Muara Angke, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (9/1).

Dipastikannya, pompa air stasioner dan mobil telah disiagakan di sejumlah titik yang diprediksi terdampak rob. Termasuk menyiagakan genset untuk mengoperasikan mesin pompa air jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik. 

Bahkan, Posko Kesiapsiagaan Bencana pun disiagakan yang salah satunya berfungsi sebagai media informasi akurat deteksi dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bagi masyarakat yang diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

"Pompa air dan petugas sudah kita siagakan di titik-titik prediksi terdampak rob. Termasuk posko untuk informasi deteksi dini bencana," jelasnya.

Dia berpesan agar warga hidup efisien dan efektif terhadap penggunaan barang plastik. Pesan ini merujuk pada hasil kerja bakti massal yang menghasilkan sekitar 250 meter kubik sampah di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Pesan saya kepada masyarakat supaya hidup efisien dan efektif. Kemarin kita disajikan begitu banyak sampah-sampah dengan berbagai jenis yang mencapai hampir 250 meter kubik," tutupnya.