(62-21) 4303111

News Article

Image

Antisipasi Bencana Musim Hujan, Jakut Setiap Hari Siapkan 10126 personel

Kominfotik JU - Menurut perkiraan Badan Meteorologi Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) musim hujan di Indonesia masih panjang, yakni puncaknya pada Bulan Februari - Maret. Mengingat hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara terus siap siaga menghadapi segala kemungkinan yang terjadi dari meningkatnya curah hujan.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan jika pihaknya akan terus siap siaga untuk menghadapi segala kemungkinan. "Kami belajar dari kejadian tahun baru kemarin dan tidak ingin kejadian tersebut terulang lagi, khususnya di Jakarta Utara," katanya Senin (13/1).

Selain persiapan peralatan, Sigit juga menambahkan jika pihaknya juga terus menyiagakan personnel aktif untuk mengantisipasi bencana musim hujan. "Mulai dari tingkat Kota sampai dengan tingkat Kelurahan sampai dengan Tingkat Rukun Tetangga (RT)," tambahnya.

Untuk tingkat Kelurahan Sigit menerangkan setidaknya 8 personel standby dan tingkat Kecamatan mencapai 20 orang. "Untuk tingkat Kota Kita siapkan 15 orang. Jika ditotal keseluruhan se-Jakarta Utara sehari itu bisa mencapai 383 personel yang siap bergerak jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti kemarin. Dengan rincian 8 personel dikali 31 Kelurahan = 248. 20 personel dikali 6 Kecamatan = 120 personel. Ditambah dengan personel di tingkat Kota jumlahnya menjadi 383 personel," ucapnya. 

Untuk diketahui, Pemkot Jakarta Utara yang bekerjasama dengan unsur masyarakat ini juga mendapatkan bantuan dari Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) 177  personel, Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) 3 413 personel, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) 431 personel, RW 453 personel dan RT 5269 personel. Jika ditotal Jakarta Utara menyiapkan setiap harinya sebanyak 10126 personel.