(62-21) 4303111

News Article

Image

Grebek Sampah Kelurahan Lagoa, Walkot Jakarta Utara Dukung Beautifikasi Kampung

KOMINFOTIK JU - Ratusan warga RW 01 Kelurahan Lagoa, Koja, Jakarta Utara berbondong-bondong 'Gerebek Sampah' membersihkan lingkungan, Minggu (1/12). Kekompakan ini menunjukkan konsistensi warga sebagai pemenang lomba Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kota Jakarta Utara, Maret 2019 lalu.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengapresiasi kepedulian warga terhadap sampah yang sudah menjadi sebuah gerakan. Yang mana setiap pelaksanaannya selalu ramai diikuti seluruh elemen masyarakat.

"Hari ini saya bertatap muka dan bersilaturahmi sekaligus melaksanakan gerebek sampah. Yang membahagiakan dan menggembirakan adalah kepedulian warga terhadap sampah sudah menjadi sebuah gerakan, di mana setiap pelaksanaannya seluruh komponen masyarakat turut hadir," kata Sigit, saat ditemui di RW 01 Kelurahan Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Minggu (1/12).

Tak hanya itu, dia juga mendorong kegiatan warga dalam program beautifikasi (penataan) kampung melalui mural edukasi. Hal ini sejalan dengan program Community Action Plan (CAP) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan konsep kolaborasi elemen masyarakat, pemerintah, dan swasta.

"RW 01 Kelurahan Lagoa ini berbatasan langsung dengan wilayah industri besar berskala internasional yaitu PT Bogasari, yang mana ada Learning Center di sana. Nah ini harus bisa dimanfaatkan untuk bisa meningkatkan kemampuan kepada para warganya,” jelasnya.

Lurah Lagoa Mujakir menerangkan, mural edukasi akan mempercantik Gang Mashur RW 01 dan 02 sebagai etalase (muka) kelurahan. Apalagi ditunjang dengan semangat warga dalam menjalin komunikasi yang baik sehingga semakin mempermudah dalam mewujudkan ikon wilayah sebagai etalase kelurahan.

“Alhamdulillah karena sudah terbangun sistem kebersamaan warga yang sudah begitu akrab, begitu terpola sistem keluarganya jadi lebih mudah dalam mewujudkan keinginan warga itu sendiri,” terangnya.

Ketua RW 01 Kelurahan Lagoa Sutrisno menambahkan, niatan warga mewujudkan etalase kelurahan ini dikarenakan lokasinya yang merupakan muka dari akses jalan utama di Jakarta. Yang mana lokasi ini juga terdapat Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, Pelabuhan Tanjung Priok, dan beragam industri berskala internasional.

“Kami berharap dengan adanya gerakan ini akan turut dapat meningkatkan perekonomian warga. Baik melalui program kemitraan maupun peningkatkan usaha ekonomi masyarakat,” tutupnya.