(62-21) 4303111

News Article

Image

Digelar Akhir Pekan, Festival Waduk Cincin Dorong Destinasi Wisata Pesisir Baru di Jakarta Utara

KOMINFOTIK JU - Paguyuban Putra Wilayah Papanggo (PPWP) akan menggelar Festival Waduk Cincin pada akhir pekan besok, Sabtu (9/11) dan Minggu (10/11). Festival yang diwarnai kebudayaan Betawi ini sebagai bentuk dorongan Waduk Cincin menjadi destinasi wisata pesisir baru di Jakarta Utara.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Waduk Cincin Mahrul mengatakan, rencana festival berlokasi di tepi Waduk Cincin, Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok ini beranjak dari salah satu program paguyuban dalam mengawal pembangunan Kota Jakarta Utara. Terlebih terhadap dorongan menjadikan Waduk Cincin sebagai destinasi wisata pesisir baru di Jakarta Utara.

"Kami sebagai putra daerah menginginkan pembangunan Waduk Cincin ini terus berjalan. Menjadikannya sebagai destinasi wisata pesisir baru di Jakarta Utara," kata Mahrul, saat dikonfirmasi, Kamis (7/11).

Festival yang akan dibuka Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyied Baswedan ini, dijelaskannya turut mengedepankan aspek kebudayaan Betawi. Terlihat dari berbagai acara di antaranya kejuaraan silat tradisi Betawi, lomba Abang None cilik, lomba tari Betawi, pagelaran seni Betawi, palang pintu, lenong, hingga Gambang Kromong. 

Termasuk aneka bazar kuliner dan fashion Betawi serta wahana permainan yang dinilai dapat menarik lebih dari dua ribu pengunjung.

"Kami berharap keberadaan Waduk Cincin tak hanya sebagai destinasi wisata pesisir saja, namun dapat menjadi sarana edukasi masyarakat terutama pelestarian dan pengembangan kebudayaan Betawi," jelasnya.

Terpisah, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara Rus Suharto menerangkan, dukungan stimulus pemerintah bukan semata-mata untuk terselenggaranya festival tersebut. Melainkan memberikan ruang kreatifitas masyarakat agar membesarkan festival tersebut. 

"Kami tentunya mendukung dengan menyediakan soundsystem, panggung hingga hiburan agar festival tersebut menjadi besar. Bukan untuk terselenggaranya acara," terangnya.

Ditambahkannya, festival itu tak terlepas dari tiga tujuan utama yakni promosi destinasi wisata, pengembangan ekonomi kreatif, dan pelestarian tradisi Betawi. 

Waduk Cincin didorong menjadi destinasi wisata pesisir baru di Jakarta Utara apalagi lokasinya berdekatan dengan pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) dan Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter.

"Di sekitar Waduk Cincin ini akan banyak menarik wisata apalagi jika pembangunan JIS dan ITF rampung. Jadi bisa masuk ke destinasi olahraga dan destinasi kebudayaan," tutupnya.

Diketahui, pra-event Festival Waduk Cincin telah diselenggarakan sejak Jumat (25/10) hingga Jumat (8/11) besok dengan menyuguhkan aneka bazar kuliner dan fashion serta wahana permainan. Pada pelaksanannya, festival ini turut dimeriahkan bintang tamu Band Biang Kerok.