(62-21) 4303111

News Article

Image

BNNK Jakarta Utara Hadirkan Pojok Informasi Rehabilitasi dan Layanan Tes Urin di Mall Bella Terra

KOMINFOTIK JU - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara kembali menghadirkan Pojok Informasi Rehabilitasi di tempat umum. Setelah sebelumnya berlokasi di Mall Sunter, Tanjung Priok, kali ini Pojok Informasi Rehabilitasi berada di Mall Bella Tera, Kelapa Gading.

Kepala BNNK Jakarta Utara Yuanita Amelia Sari mengatakan, Pojok Informasi Rehabilitasi ini merupakan program edukasi masyarakat, khususnya pengunjung mall mengenai pencegahan penyalahgunaan hingga proses rehabilitasi pecandu Narkotika. Komunikasi dua arah dilakukan sehingga pemahaman dapat lebih mendalam.

"Kami memberikan pemahaman yang mau rehabilitasi warga nggak usah takut lagi. Bisa langsung datang dan berkonsultasi lebih lanjut," kata Novi, saat ditemui di Mall Bella Terra, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (8/11).

Tak hanya informasi rehabilitasi, Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara dr Novianti Purnamasari menjelaskan pihaknya direkomendasikan oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara untuk mengadakan tes urin di Pojok Informasi Rehabilitasi ini. Hasil tes urin ditandai dengan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN) sebagai syarat lamar atau perpanjang masa kontrak kerja. 

"Jadi ngga hanya informasi rehabilitasi, kami juga mengadakan tes urin di sini untuk SKHPN. Surat itu bisa diambil di kantor kami atau kembali ke lokasi ini setiap hari Jumat," jelasnya.

Pengunjung Mall Bella Tera menerangkan, program ini sangat baik bagi pengetahuan masyarakat untuk turut berkontribusi melawan Narkotika. Terutama bagi informasi rehabilitasi yang masih jarang diketahui masyarakat luas.

"Warga yang mau rehabilitasi dia nggak tahu informasi atau mungkin masih takut bisa langsung datang dan berdiskusi dengan petugas," tutupnya.

Tak hanya layanan konsultasi, Pojok Informasi Rehabilitasi ini turut memamerkan dan menjual hasil kreatifitas binaan BNNK Jakarta Utara. Yang mana binaan merupakan para mantan pecandu Narkotika yang sudah menjalani program rehabilitasi.