(62-21) 4303111

News Article

Image

Tambah Ruang Interaksi Warga, Tiga RPTRA Dibangun di Kelurahan Rorotan

KOMINFOTIK JU – Sebanyak tiga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) akan dibangun di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Hal ini dilakukan guna menambah ruang ke-tiga sebagai sarana interaksi masyarakat.

Lurah Rorotan Idham Mugabe mengatakan, tiga RPTRA yang dibangun berlokasi di Jalan Rorotan IV (area Rusun Rorotan), Jalan Rorotan VI RW 05 (dekat SMKN 4 Jakarta), dan Jalan Rorotan IX (dekat SMPN 200 Jakarta). Ketiga lokasi pembangunan RPTRA ini merupakan milik warga yang telah dibeli pemerintah sebelumnya.

"Pembangunan menggunakan anggaran Sudin Perumahan Jakarta Utara tahun anggaran 2019," kata Idham, saat dikonfirmasi, Rabu (9/10).

Dijelaskannya, kehadiran RPTRA baru ini semakin memperbanyak ruang ke-tiga di kelurahan Rorotan. Menghadirkan ruang ke-tiga sebagai sarana interaksi masyarakat dengan dilengkapi berbagai fasilitas seperti aula multifungsi, perpustakaan, jogging track, toilet difabel, taman tanaman obat keluarga (toga), hingga lapangan futsal.

"Manfaat kehadiran RPTRA ini terasa pada pemukiman padat penduduk. Dengan adanya ruang interaksi ini, maka dapat menurunkan tingkat konflik, meningkatnya indeks kebahagiaan masyarakat, menumbuhkan karakter kebersamaan, sekaligus memberikan ruang bermain untuk anak," jelasnya.

Dalam sosialisasi yang dilakukan pagi tadi, dia menerangkan masyarakat berkomitmen dukung adanya pembangunan RPTRA. Bahkan, antusias dengan menawarkan tenaga dan pikiran selama proses pembangunan.

"Kita juga akan bentuk forum masyarakat sekitar lokasi pembangunan. Salah satunya untuk memusyawarahkan penamaan ketiga RPTRA yang akan rampung pada Desember mendatang," tutupnya.

Diketahui, kelurahan Rorotan telah memiliki dua RPTRA sebelumnya yakni RPTRA Rorotan Indah dan RPTRA Malaka Asri. Adanya pembangunan tiga RPTRA akan menambah ruang ketiga sebagai sarana interaksi masyarakat.