(62-21) 4303111

News Article

Image

Rusun Marunda Dirancang Jadi Destinasi Wisata Kawasan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan Taman Marhamas Rumah Susun (Rusun) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Selain memiliki fungsi estetika, taman merupakan pusat pembibitan serta produk perkebunan yang dikelola swadaya oleh warga. Nantinya kawasan Rusun Marunda dirancang menjadi destinasi wisata baru.

Asisten Deputi Bidang Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Yuli Hartono mengapresiasi pembinaan yang dilakukan oleh pengelola. Secara praktis, Taman Marhamas yang menjadi sarana interaksi dan produktif, akan mendorong perekonomian warga.

"Kita mengharap rusun di Jakarta seperti ini. Sehingga warga menikmati, merasakan seperti di komunitasnya sebelum direlokasi dulu," katanya, Rabu (9/10).

Dijelaskan Yuli, pengelolaan taman yang memproduksi bibit dan menjual produk tanamannya itu akan berdampak baik bagi perekpnomian warga. Ke depan, pihaknya juga mendorong Rusun Marunda menjadi destinasi wisata.

Ke depan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga berencana membangun taman interaksi suas sekitar 3.000 meter persegi di area rusun. Penataan kawasan destinasi wisata Rumah si Pitung dan Masjid Al Alam pun akan diintegrasikan dengan Rusun Marunda.

"Harapan kita jadi terintegrasi. Selain ke Masjid Al-Alam dan Rumah Si Pitung, wisatawan juga akan mampir ke sini," ujarnya.

Kepala Bidang Pembinaan, Penertiban, dan Peran Serta Masyarakat, DPRKP DKI, Melly Budiarti mengatakan, pengelolaan Taman Marhamas dikelola oleh 20 orang warga. Mereka menanam berbagai sayur mayur, tanaman hias serta obat untuk disalurkan ke beberapa usaha retail besar.

"Kawasan Rusun Marunda memiliki area yang mencukupi. Tapi ini akan kita bawa ke rusun lain agar bisa diadaptasi meningkatkan ekonomi warga," tandasnya.