(62-21) 4303111

News Article

Image

Antisipasi Musim Hujan Pemkot Jakut Bersiap Buat Posko

Kominfomas JU - Udara Jakarta yang belakangan lebih sering basah seiring intensitas jatuhnya hujan, membuat semua pihak berbenah. Terlebih ketakutan akan banjir lima tahunan terus membayangi masyarakat, Jakarta lumpuh tak bergerak setiap kali banjir datang. Bencana tersebut juga kerap memakan korban jiwa yang bisa dikatakan tidaklah sedikit. Terakhir Jakarta tergenang pada tahun 2013 dengan hampir 50 persen wilayahnya dipenuhi air.

Walikota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi mengatakan perlu kesiapan semua pihak untuk mengantisipasi banjir tersebut. "Bukannya berharap banjir akan ada di Utara, tetapi kita selaku stakeholder harus mempersiapkan semua, karena kita tidak bisa melawan alam," katanya di Ruang Rapat VIP Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (27/10).

Untuk itu, Wahyu berharap semua pengawasan dan perbaikan terhadap lokasi-lokasi banjir sebelumnya mendapatkan perhatian. "Pembenahan tali air, perbaikan pintu air juga pemeriksaan terhadap pompa air," ucapnya.

Selain itu, Wahyu berharap akan kesiapan peralatan dalam pencegahan ataupun penanggulangan diperiksa kembali. "Unit unit terkait seperti Kelurahan, Kecamatan, BNPB, Kebersihan, Tata Air dan lainya segera melaporkan kesiapan dari peralatan yang dimiliki, agar kita dapat mengetahui alat yang harus ditambah," katanya.

Tidak sampai disitu saja, setelah semuanya terdata dengan baik, Wahyu juga berharap kesiapan personelnya."Personel menjadi penting untuk melaksanakan semua. Kita juga nanti akan mendapat bantuan dari pihak TNI dan Polri," ungkapnya. Dan yang terpenting, Wahyu menegaskan untuk segera dibentuk posko anti banjir disetiap Kecamatan. "Setelah semua sudah siap, langsung bentuk posko anti banjir, kalau bisa secepatnya," tegasnya.