Berita Jakarta Utara

Tim Pembina Peningkatan Prestasi Posyandu Tinjau Kamal Muara

KOMINFOTIK JU - Wakil Ketua IV TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Ernawati bersama tim pembina peningkatan prestasi posyandu tingkat kota menyambangi Posyandu Bawal III RW 01 Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Rabu (20/3).

"Kegiatan posyandu dari tahun ke tahun rutin dilaksanakan. Selain lomba, kita juga melakukan pembinaan untuk melihat sudah seberapa jauh ibu-ibu telah menerapkan standarisasi posyandu yang ada," jelas Ernawati saat memimpin tim pembina meninjau posyandu dan rumah sehat di lingkungan RW 01 Kelurahan Kamal Muara.

Dengan adanya kunjungan tim pembina peningkatan prestasi posyandu tingkat kota administrasi Jakarta Utara diharapkan dapat meningkatkan kinerja kader posyandu untuk bisa lebih berinovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan terpadu bagi ibu dan anak.

"Membangun kota Jakarta dengan kolaborasi sangat diperlukan seperti halnya di Posyandu Bawal III dimana semua unsur terlibat langsung untuk pelaksanaan kegiatan lomba posyandu tingkat kota. Kita berharap Posyandu Bawal III bisa mewakili Jakarta Utara ke tingkat Provinsi DKI Jakarta," ujar Dwi Pandji Forkiantoro, Sekretaris Kecamatan Penjaringan didampingi Lurah Kamal Muara, Helwin Ginting.

Musrenbang Kota Jakut Ditutup, Penginputan Data Bulan Depan

KOMINFOTIK JU – Pemerintah Kota Jakarta Utara telah merampungkan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota. Selanjutnya, usulan pembangunan akan dibahas pada tingkat provinsi.

Asisten Pemerintah Jakarta Utara, Abdul Khalit mengatakan, proses penginputan usulan yang telah direncanakan ini hinggai 12 April 2019 mendatang. Penginputan dilakukan oleh seluruh Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) yang terkait dengan usulan tersebut.

“Alhamdulillah Musrenbang tingkat kota Jakarta Utara telah ditutup. Ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Pemeriksaan (BAP),” kata Khalit, saat ditemui di Ruang Pola, Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (20/3).

Dia menyarankan, UKPD wajib mengkroscek usulan yang hendak diinput. Sehingga, tidak ada usulan yang tertinggal untuk dibahas pada tingkat provinsi nanti. Tentunya proses kroscek usulan ini tetap mengedepankan kolaborasi dengan masyarakat.

“Selain cek dan ricek usulan, yang penting usulan itu jangan keluar yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Diterangkannya, rekapitulasi rencana kerja (Renja) anggaran tahun 2020 untuk bidang pemerintahan senilai Rp 86 Miliar, bidang kesejahteraan rakyat senilai Rp 774 Miliar, serta bidang perekonomian dan pembangunan senilai Rp 1,4 Triliun. Sedangkan rencana anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 untuk bidang pemerintahan senilai Rp 67 Miliar, bidang kesejahteraan rakyat senilai Rp 747 Miliar, serta bidang perekonomian dan pembangunan senilai Rp 1,4 Triliun.

“Tentunya kita berterimakasih kepada seluruh UKPD dan masyarakat yang turut berkontribusi dalam mengusulkan rencana pembangunan ini. Mudah-mudahan usulan akan disetujui di tingkat provinsi untuk tahun 2020 mendatang,” tutupnya.

Kecamatan Penjaringan Jagokan Posyandu Bawal III Kamal Muara

KOMINFOTIK JU - Posyandu Bawal III RW 01 Kelurahan Kamal Muara memiliki 5 kader posyandu dan melayani sekitar 80 balita terpilih sebagai perwakilan lomba posyandu tingkat Kecamatan Penjaringan. Kini, posyandu yang berada di wilayah pesisir utara itu kembali melaju dalam lomba posyandu tingkat kota administrasi Jakarta Utara.

"Posyandu Bawal III diangkat untuk mewakili Kecamatan Penjaringan karena disini ada kolam gizi yang hasilnya kita olah menjadi makanan bergizi untuk anak-anak," ungkap Clara Sumintaria, Ketua TP PKK Kelurahan Kamal Muara saat menerima kunjungan tim pembina peningkatan prestasi posyandu tingkat kota administrasi Jakarta Utara di Aula Kantor Lurah Kamal Muara, Rabu (20/3).

Di wilayah Kelurahan Kamal Muara memiliki 8 posyandu dan 42 kader posyandu. "Kami sangat bangga bisa mewakili Kecamatan Penjaringan untuk lomba posyandu tingkat kota. Di Posyandu Bawal III, kader posyandu selalu mengolah sendiri menu pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita agar kebutuhan gizinya tercukupi," terang Melly Linda Wati, Ketua Posyandu Bawal III RW 01, Kelurahan Kamal Muara.

Bahkan Sekretaris Kecamatan Penjaringan, Dwi Pandji Forkiantoro mengapresiasi kinerja kader Posyandu Bawal III Kamal Muara dalam mengajak warga setempat khususnya ibu dan anak untuk datang ke posyandu mendapatkan pelayanan kesehatan terpadu. "Standar gizi anak kita akan terpantau jika rutin datang dan mendapatkan layanan di posyandu," tambahnya.

 

Ribuan Warga Jakut Ikuti Ujian Paket C  

 

KOMINFOTIK JU – Dinas Pendidikan DKI Jakarta menggelar Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) Paket C pada seluruh Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). Di Jakarta Utara, total peserta ujian ini mencapai 2.020 orang yang meliputi Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 dan wilayah 2.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Utara, Budi Sulistiono mengatakan, jumlah peserta ujian Paket C mencapai 993 orang. Terdiri dari 67 peserta jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 926 peserta jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

“Mereka berasal dari 17 PKBM, yang meliputi kecamatan Tanjung Priok, Pademangan, dan Penjaringan,” kata Budi, saat dikonfirmasi, Rabu (20/3).

Dijelaskannya, USBN Paket C berjalan selama sepekan sejak Senin (18/3) hingga Sabtu (23/3). Pada hari pertama, ujian mata pelajaran bahasa Indonesia dan PPKN, di hari kedua Matematika dan geografi, lalu, hari ketiga sejarah dan ekonomi. Selanjutnya, di hari keempat siswa mengikuti ujian mata pelajaran sosiologi dan bahasa inggris, serta agama dan budaya di hari kelima.

"Hari keenam atau hari terakhir Penjaskes dan Mulok,” jelasnya.

Sementara Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Utara, Momon Sulaiman menerangkan, total peserta USBK Paket C di wilayah tugasnya mencapai 1.027 orang. Terdiri dari 111 peserta jurusan IPA dan 916 peserta jurusan IPS.

“Di wilayah kami ada 24 PKBM yang berasal dari Kecamatan Cilincing, Koja, dan Kelapa Gading,” tutupnya.

Jakut Bentuk Tim Sepuluh, Cegah Narkotika di Setiap Titik Rawan

KOMINFOTIK JU – Pemerintah Kota Jakarta Utara bersama Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara membentuk Tim Sepuluh di setiap titik rawan narkoba. Hal ini dilakukan dalam upaya Penguatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GN).

Asisten Pemerintahan Jakarta Utara, Abdul Khalit mengatakan, pembentukan tim sepuluh termasuk dalam strategi jangka pendek dalam pelaksanaan P4GN. Selain itu, strategi ini juga dilakukan dengan melaksanaan penyebaran dan pemasangan stiker dengan materi ‘daerah rawan narkoba’, serta menyusun Standar Operasi Prosedur (SOP) yang dimulai dari pencegahan sampai adanya penemuan kasus.

Sedangkan strategi jangka panjang, Tim Sepuluh menginventarisir titik rawan narkoba dari sisi fisik dan non fisik. Data tersebut nantinya disampaikan dan dikoordinasikan dengan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait maupun dunia usaha melalui program Corporate Social Respondsbility (CSR). Serta dengan membangun rumah kreatif atau rumah usaha untuk mantan pengguna dan warga sekitar.

“Jangka pendeknya kita perlu gerakan sosialisasi dan mengkampanyekan, baik dengan forum Forkominko (Forum Komunikasi Pimpinan Kota) dan dunia usaha,” kata Khalit, saat di temui dalam acara Pelatihan dan Pembinaan Masyarakat Anti Narkoba melalui Workshop di Instansi Pemerintahan di Hotel Sunlake, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/3).

Sementara Kepala BNNK Jakarta Utara, Ajun Komisaris Besar Polisi Yuanita Amalia Sari menerangkan, Tim Sepuluh terdiri dari kolaborasi unsur pemerintahan, masyarakat seperti lembaga musyawarah kelurahan (LMK), Forum Kewaspadaan Dini Masyaraka (FKDM), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), tokoh masyarakat, tokoh agama, dan dunia usaha.

“Kita gandeng dunia usaha karena melalui dari mereka ada kesempatan kerja dan terbukanya lapangan pekerjaan sehingga mereka juga bisa peduli terhadap permasalahan narkotika,” jelasnya.

Dia menerangkan, pihaknya telah menetapkan 30 titik rawan narkoba di 17 kelurahan se-Jakarta Utara. Pembentukan tim ini ditargetkan rampung akhir bulan ini dan mulai beraksi melakukan pencegahan Narkotika pada April 2019.

“Sehingga nanti ke depannya ada peningkatan, baik dalam peningkatan kesejahteraan maupun peningkatan kesehatan. Serta dapat membenahi permasalahan mendasar di wilayah Kota Jakarta Utara yang berimbas pada permasalahan narkoba,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Jakarta Utara telah mengeluarkan Instruksi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dan Prekusor Narkotika di Kota Administrasi Jakarta Utara. Seluruh UKPD hingga kecamatan dan kelurahan ditugaskan berperan aktif dalam pencegahan Narkotika tersebut.

Berita Terkini

Agenda Kegiatan

List Kegiatan

20-03-2019
07:30

Opening Meeting Survey Re-Akreditasi Kesehatan Tingkat Pertama Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Cilincing

Detail

08:00

Pelatihan dan Pembinaan Masyarakat Anti Narkoba melalui Workshop di Instansi Pemerintah

Detail

08:44

Rapat Pelaksanaan Koordinasi, Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan dan Pemanfaatan Ruang Bangunan terkait Pengaduan Surat General Manager Cabang Pelabuhan Tanjung Priok kepada Walikota Kota Adm. Jakarta Utara

Rapat Pelaksanaan Koordinasi, Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan dan Pemanfaatan Ruang Bangunan terkait Pengaduan Surat General Manager Cabang Pelabuhan Tanjung Priok kepada Walikota Kota Adm. Jakarta Utara tentang Pembangunan Sekolah untuk Pemenuhan Kewajiban SIPPT

Detail

09:00

Rapat Lanjutan Persiapan Pelaksanaan Festival Olahraga Sepanjang Tahun Tingkat Kota Adm. Jakarta Utara Cabang Futsal Tahun 2019

Detail

13:00

Silaturahmi Kapuskopal Kolinlamil

Detail

13:30

Rapat Persiapan Sosialisasi Penggunaan Jakone Mobile untuk Masjid dan Mushola Kantor Pemerintah di Wilayah Kota Adm. Jakarta Utara

Detail

14:00

Penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Administrasi Jakarta Utara Tahun 2019

Detail

19:00

Rapat Koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kota Adm. Jakarta Utara

Detail

Pemerintahan

Kolaborasi Swasta dan Masyarakat, Cara Pemkot Jakut Meriahkan HBKB

KOMINFOTIK JU – Pemerintah Kota Jakarta Utara menggandeng swasta dan masyarakat dalam penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Ming...
Selengkapnya

Perekonomian & Pembangunan

Musrenbang Kota Jakut Ditutup, Penginputan Data Bulan Depan

KOMINFOTIK JU – Pemerintah Kota Jakarta Utara telah merampungkan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota. Selanjutnya, usulan p...
Selengkapnya

Administrasi & Kesra

Tim Pembina Peningkatan Prestasi Posyandu Tinjau Kamal Muara

KOMINFOTIK JU - Wakil Ketua IV TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Ernawati bersama tim pembina peningkatan prestasi posyandu tingkat kota menyamb...
Selengkapnya

Potret Wilayah Jakarta Utara

  • Wakil Walikota saat memberikan suport kepada peserta lomba pekan olahraga dan seni

    View
  • Wakil Walikota Jakarta Utara memberikan sambutan sekaligus arahan

    View
  • Suasana Pekan Olahraga dan seni di SOR Sunter

    View
  • Peserta Pekan Olahraga dan seni dari kecamatan Tanjung priok

    View
Mewujudkan Kota Administrasi Jakarta Utara sebagai kota pesisir modern yang tertata rapi, maju, nyaman dan sejahtera serta memiliki masyarakat yang berbudaya dan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik
Visi & Misi
QLue
Materi LED
CCTV
QLue
RPTRA
Location

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111