Berita Jakarta Utara

Pelajar Disabilitas Unjuk Gigi di Mall Pluit Junction

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar Festival Inklusi dan Karya Pelajar di Mall Pluit Junction, Penjaringan, Jakarta Utara. Acara yang digelar pada Jumat (24/5) dan Sabtu (25/5) ini sebagai sarana ekspresi diri bagi pelajar berkebutuhan khusus (disabilitas).

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengapresiasi acara yang diinisiasi Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara, baik wilayah 1 dan 2 tersebut. Acara tersebut berdampak positif terhadap rasa kepercayaan diri pelajar disabilitas dalam menunjukkan bakat dan prestasinya pada berbagai bidang pendidikan, khususnya seni.

"Ini event perdana dan Pemerintah Kota Jakarta Utara berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun. Kalau bisa setahun dua kali," kata Ali, saat ditemui di Mall Pluit Junction, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (25/5).

Ditegaskannya, acara tersebut sejalan dengan visi-misi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terhadap kesetaraan disabilitas. Memperoleh hak yang sama termasuk dalam bidang pendidikan. Sehingga orang tua pelajar disabilitas tidak perlu lagi khawatir terhadap pendidikan anak.

"Pak Gubernur sudah memberikan arahan kepada kita bahwa semua anak, anak-anak usia sekolah di Jakarta harus mendapat pendidikan. Tidak memandang bulu anak berkebutuhan khusus atau tidak, semuanya wajib,” tegasnya.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Utara Budi Sulistiono menerangkan, kegiatan ini merupakan upaya memberikan kesempatan kepada pelajar disabilitas unjuk gigi terhadap bakat yang dimilikinya. Sehingga potensi bakat yang dimiliki pelajar disabilitas mampu disalurkan melalui adanya acara ini.

“Mereka membuat bangga orangtuanya bahwa anak-anaknya, semuanya punya potensi, anak-anaknya bisa punya kemampuan," terangnya.

Sementara, Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Utara Momon Sulaiman menerangkan, sekolah yang terlibat dalam acara tersebut di antaranya Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 4 Jakarta, SLBN Sunter, SLBN 8 Jakarta, SLBN Sunter Agung, SLB Mawar Putih, SLB Sejahtera.

Ada pula penampilan ciamik dari pelajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Termasuk pameran hasil karya sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) dari enam kecamatan di Jakarta Utara.

“Ke depan akan kita agendakan lanjutan terkait dengan bagaimana memberikan kesempatan pada anak SLB ini bisa tampil ke publik seperti di Mall Pluit Junction ini," tutupnya.

Save the Children Gelar Kampanye Mudik Aman di 20 Sekolah

KOMINFOTIK JU - Menjelang pelaksanaan mudik lebaran 1440 H. Sebanyak 2.000 pelajar SD dan SMP dari 20 sekolah di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Timur mendapatkan berbagai tambahan informasi dalam kegiatan Kampanye Mudik Aman yang diselenggarakan Save the Children dan New Future Disaster Management Center (NFDMC).

Sejumlah narasumber yang berkompeten seperti Kementerian Perhubungan RI, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Sudin Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara dan Jakarta Timur serta Palang Merah Indonesia dihadirkan langsung untuk memberikan materi yang akan memperluas wawasan pelajar seputar kiat-kiat mudik aman. 

Greater Jakarta Field Manager Save the Children, Evie Woro Yulianti menjelaskan, Kampanye Mudik Aman yang diadakan di lingkungan sekolah mulai 13 sampai 27 Mei 2019 merupakan rangkaian program Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas (SELAMAT) Save the Children di Provinsi DKI Jakarta.

"Dalam kampanye ini, kami mengedukasi anak-anak, guru dan juga orangtua agar selalu sadar untuk SELAMAT terutama pada saat mudik dan kembali ke tempat asal. Mereka akan berperan sebagai duta keselamatan berlalu lintas yang diawali dari diri sendiri dan keluarga," terang Evie kepada utara.jakarta.go.id, Jumat (24/5).

Rangkaian kegiatan kampanye berlangsung selama 2 jam meliputi pemberian informasi terkait tips mudik aman, cara melakukan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan dan dilanjutkan dengan beragam kuis bagi peserta kampanye.

Sedangkan sekolah di Jakarta Utara yang menjadi lokasi Kampanye Mudik Aman diantaranya SDN Sungai Bambu 01, SDN Kapuk Muara 03, SDN Pademangan Barat 07, SDN Cilincing 03, SDN Semper Barat 01, SMPN 152 Tanjung Priok, SMPN 84, SMPN 244, SMPN 30 dan SMPN 266.

"Kami harap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih berhati-hati selama perjalanan mudik sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan berlalu lintas," ungkapnya.

Empat Hari Digelar, Omzet IKM Jakut Capai Rp 76 Juta

KOMINFOTIK JU - Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta sukses menggelar pameran produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Plaza Timur Kantor Walikota Jakarta Utara. Selama empat hari digelar, omzet puluhan peserta mencapai Rp 76 juta.

Kasi Kerjasama dan Kemitraan Industri Dinas PE DKI Jakarta, Hasmi Chalid mengatakan, acara tersebut merupakan salah satu fasilitas pemasaran hasil produk IKM binaan. Serta sebagai ajang promosi hasil produk unggulan peserta.

"Acara ini sebagai fasilitas bagi para IKM binaan kami. Melakukan pemasaran dan promosi produk unggulan," kata Hasmi, saat penutupan pameran produk IKM di Plaza Timur Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (24/5).

Selama empat hari berlangsung, dijelaskannya omzet mencapai Rp 76. 675.000 dari 50 peserta pameran. Untuk hari pertama, omzet senilai Rp 23.644.000,-, hari ke dua senilai Rp 21.708.000,-, hari ke tiga senilai Rp 12.463.000,-, dan hari ke empat senilai Rp 18.860.000,-.

"Angka tersebut merupakan laporan hasil penjualan para peserta yang totalnya mencapai 50 IKM," jelasnya.

Ke depannya, diterangkannya acara tersebut akan kombinasikan dengan penjualan paket sembako murah. Hal tersebut sebagai salah satu cara menggedor minat masyarakat untuk mengunjungi pameran IKM.

"Tentu ke depannya akan terus kami carikan formulasi yang tepat bagaimana menambah keramaian acara. Salah satunya dengan adanya penjualan paket sembako murah," tutupnya.

Percepatan Perbaikan Gizi, Pemkot Jakut Integrasikan Intervensi Spesifik dan Sensitif

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Jakarta Utara kembali meraih predikat baik terhadap hasil Perkembangan Status Gizi (PSG) masyarakat. Predikat ini didapatkan dari hasil input melalui aplikasi Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM) periode Januari 2018 sampai Februari 2019.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, pelaksanaan PSG secara periodik dan berkesinambungan setiap tahun ini merupakan bagian dari kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan pembinaan gizi. Pemantauan PSG ini tentunya dapat menghasilkan informasi besaran masalah dan trend status gizi penduduk dari waktu ke waktu.

"Untuk tahun ini, PSG Jakarta Utara masih dalam kategori baik pada angka balita pendek dan sangat pendek dengan nilai 19,17 persen," kata Ali, saat usai menghadiri Diseminasi Informasi Hasil Surveilans Gizi tingkat Kota Jakarta Utara, di Hotel El Royals, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (24/5).

Dalam percepatan perbaikan gizi, dijelaskannya perlu adanya integrasi antara intervensi spesifik dan sensitif.

Intervensi spesifik merupakan peran sektor kesehatan seperti skrining tumbuh kembang, penyediaan vitamin, pemberian makanan tambahan, dan pemulihan kasus gizi. Sedangkan intervensi sensitif merupakan peran sektor non kesehatan, yang meliputi penyediaan sarana penyediaan air bersih, ketahanan pangan, jaminan kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

"Integrasi ini tentunya harus saling berkesinambungan. Saling melengkapi untuk mendapatkan hasil maksimal," jelasnya.

Dia berharap, diseminasi informasi hasil surveilans gizi ini dapat meningkatkan informasi PSG masyarakat. Sehingga informasi besaran masalah gizi dapat dianalisa dan segera ditindaklanjuti.

"Terutama integrasi antara intervensi spesifik dan sensitif tadi dapat dilaksanakan dengan baik," tutupnya.

Miniatur Stadion BMW Icon Kendaraan Hias Jakut

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara akan menampilkan icon Jakarta Internasional Stadium di kendaraan hias dalam penyelenggaraan Festival Jakarnaval 2019. Direncanakan, event tahunan itu akan berlangsung pada Minggu 30 Juni mendatang dengan titik start di Balaikota hingga Bundaran HI.

"Tema Jakarnaval tahun ini adalah Wajah Baru Jakarta. Semua peserta Jakarnaval akan berlomba menghias kendaraannya dengan tampilan yang mencirikan wilayahnya," jelas Suroto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara saat memimpin rapat persiapan Festival Jakarnaval 2019 di Ruang VIP, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kamis (23/5).

Penyelenggaraan Festival Jakarnaval 2019 sekaligus merayakan HUT Kota Jakarta yang ke 492. "Jakarta Utara akan ikut pawai kendaraan hias dengan tema Jakarta Internasional Stadium sesuai dengan rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan membangun stadion bertaraf internasional di Lahan Taman BMW, Jakarta Utara," terangnya.

Selain pawai kendaraan hias, nanti akan ada berbagai atraksi menarik yang diharapkan dapat menghibur masyarakat di sepanjang lintasan Jakarnaval yang berada di wilayah Jakarta Pusat. "Semuanya masih dipersiapkan nanti akan diadakan rapat lagi biar lebih matang," ujar Suroto didampingi Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara, Rus Suharto.

Berita Terkini

Agenda Kegiatan

List Kegiatan

No Result Data

Pemerintahan

Buka Puasa Bersama, Pemkot Jakut Dan Astra Bagikan 10000 Paket Lebaran

Kominfotik JU - Di bulan yang penuh berkah dan ampunan Pemerintah Kota Pemkot Administrasi Jakarta Utara dan PT Astra menggelar buka puasa bersama di...
Selengkapnya

Perekonomian & Pembangunan

Empat Hari Digelar, Omzet IKM Jakut Capai Rp 76 Juta

KOMINFOTIK JU - Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta sukses menggelar pameran produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Plaza Timur Kanto...
Selengkapnya

Administrasi & Kesra

Pelajar Disabilitas Unjuk Gigi di Mall Pluit Junction

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar Festival Inklusi dan Karya Pelajar di Mall Pluit Junction, Penjaringan, Jakarta Utara. Acara y...
Selengkapnya

Potret Wilayah Jakarta Utara

  • suasana rapat

    View
  • Sekretaris Kota jakarta utara saat memberikan sambutan

    View
  • kabag tapem saat mengamati laporan SKM

    View
  • kepala biro pemerintahan DKI Jakarta saat memberikan arahan

    View
Mewujudkan Kota Administrasi Jakarta Utara sebagai kota pesisir modern yang tertata rapi, maju, nyaman dan sejahtera serta memiliki masyarakat yang berbudaya dan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik
Visi & Misi
QLue
Materi LED
CCTV
QLue
RPTRA
Location

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111